KPU Kabupaten Pekalongan Jamin Pemilu 2024 Ramah Disabilitas

KPU Kabupaten Pekalongan Jamin Pemilu 2024 Ramah Disabilitas

KPU Kabupaten Pekalongan sosialisasi kepada para penyandang disabilitas.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - KPU Kabupaten Pekalongan jamin pelaksanaan Pemilu 2024 ramah disabilitas.

Pemilu 2024 dapat diselenggarakan secara inklusif dan ramah dengan disabilitas. Pemilu inklusif artinya pemilihan umum dirancang untuk memastikan bahwa setiap warga negara memiliki kesempatan yang setara untuk berpartisipasi dalam pemilihan politik. 

Ini mencakup pengakuan dan perlindungan hak-hak politik semua warga negara, tanpa memandang jenis kelamin, usia, disabilitas, etnis, agama, atau latar belakang sosial ekonomi mereka, sepanjang memenuhi persyaratan.

KPU Kabupaten Pekalongan mengadakan Sosialisasi Pemilihan Umum tahun 2024 Bersama Penyandang Disabilitas di Kabupaten Pekalongan, Kamis, 28 Desember 2023. Sosialisasi ini dilaksanakan di Aula KPU Kabupaten Pekalongan. 

Baca juga:Jaga Hak Pilih, KPU Batang Siap Layani 2.800 Penyandang Disabilitas

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Laelatul Izzah, sekaligus membuka acara sosialisasi tersebut. Selanjutnya informasi tentang Pemilihan Umum 2024 disampaikan oleh Anggota KPU Kabupaten Pekalongan Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM, Dika Redana.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Laelatul Izzah menyampaikan, di Kabupaten Pekalongan terdapat 5.230 penyandang disabilitas yang terdaftar dalam DPT.

Oleh karena itu, KPU Kabupaten Pekalongan memastikan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas dalam Pemilu 2024. Seperti, memastikan hak atas informasi tentang pemilu, hak atas akses yang aksesibel ke tempat Pemungutan Suara (TPS), hak untuk memilih dan dipilih, serta hak untuk menerima pendamping dalam memilih.

Sementara itu, Dika Redana mengajak penyandang disabilitas di Kabupaten Pekalongan untuk memastikan diri terdaftar sebagai pemilih dan ikut berperan aktif menggunakan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024. 

Baca lagi:Hari Amal Bhakti ke-78,Kemenag Kabupaten Pekalongan Beri Pelatihan Kewirausahaan bagi Mualaf dan Disabilitas

“Mari kita sukseskan Pemilu 2024. Kami berharap partisipasi dari rekan-rekan penyandang disabilitas dalam Pemilu 2024 di Pekalongan meningkat dari tahun-tahun sebelumnya," ujarnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: