13 Penyebab Radang Tenggorokan yang Harus Diwaspadai, Bisa Kambuh Kapan Saja

13 Penyebab Radang Tenggorokan yang Harus Diwaspadai, Bisa Kambuh Kapan Saja

Penyebab Radang Tenggorokan --freepik.com/mdjaff

Perlu Anda ketahui, polusi udara dapat mengiritasi tenggorokan dan menjadi penyebab terjadinya radang tenggorokan.

Partikel berbahaya di udara dapat masuk ke saluran pernapasan, merusak jaringan, dan memicu reaksi peradangan.

8. Udara Kering

Udara kering dapat mengeringkan lendir di tenggorokan dan membuatnya rentan terhadap peradangan, sehingga kamu bisa mengalami sakit tenggorokan.

Menggunakan pelembab udara di dalam ruangan, minum banyak air, dan mengonsumsi makanan pelembab seperti sup hangat dapat menjaga kelembapan tenggorokan dan mencegah peradangan dan sakit tenggorokan saat menelan.

9. Terus berbicara dengan suara keras

Penggunaan suara yang berlebihan, terutama saat berbicara atau bernyanyi dengan keras, dapat menyebabkan sakit tenggorokan kambuh, karena otot menjadi tegang.

Hal ini dapat menyebabkan peradangan dan suara serak. Apalagi jika disertai dengan makan makanan pedas, merokok, atau minum air yang terlalu panas. 

Istirahat suara secara teratur dan teknik bernyanyi yang benar dapat membantu mencegah radang tenggorokan karena penggunaan suara yang berlebihan.

10. Kurang istirahat dan pola makan yang tidak sehat

Kurang istirahat dan pola makan yang tidak sehat dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, membuat tubuh lebih rentan terhadap infeksi dan peradangan, termasuk mengalami nyeri di bagian belakang tenggorokan.

Memastikan istirahat yang cukup, diet seimbang, dan konsumsi nutrisi yang tepat merupakan langkah penting dalam mencegah radang tenggorokan.

11. Paparan lingkungan yang dingin

Sakit tenggorokan disebabkan oleh paparan cuaca dingin. Karena cuaca dingin bisa membuat tenggorokan terasa kering dan teriritasi, sehingga memicu peradangan.

Mengenakan pakaian hangat saat berada di luar ruangan dan menghindari perubahan suhu yang drastis dapat membantu melindungi tenggorokan dari peradangan akibat cuaca dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: