Cari Tahu Berapa Lama Laptop Dicas yang Tepat dan Ideal, Jangan Sampai Overheat!

Cari Tahu Berapa Lama Laptop Dicas yang Tepat dan Ideal, Jangan Sampai Overheat!

Cari Tahu Berapa Lama Laptop di Cas yang Tepat dan Ideal, Jangan Sampai Overheat!-freepik.com-

Namun ditemui pula bahwa tidak semua laptop memiliki teknologi yang secara otomatis memutuskan aliran listrik ketika mengisi daya. Oleh karena itu, pengguna laptop ini harus memperhatikan betul waktu pengisian daya baterai laptop.

Apabila laptop terlalu lama dicas, laptop dapat berubah menjadi panas atau overheat. Karena selama proses mengisi daya, terjadi proses kimia yang mana energi listrik diubah menjadi energi kimia serta sebaliknya energi kimia diubah kembali menjadi energi listrik. Perubahan dalam proses kimia ini dapat menjadikan laptop panas.

Selain mengetahui berapa lama laptop dicas yang ideal dan tepat, pengguna laptop perlu memahami beberapa cara dalam merawat laptop agar laptop awet. Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan agar baterai laptop awet dan berumur panjang.

1. Hindari Mengoperasikan Ketika Sedang Pengecasan Baterai

Hal yang sering ditemui adalah tetap menggunakan laptop walaupun sedang mengisi daya. Sebaiknya hal ini dihindari agar baterai tetap awet dan sehat.

Utamanya pada saat menggunakan laptop hanya untuk hiburan semata, seperti bermain game atau menonton film. Karena biasanya aplikasi seperti ini justru membuat laptop bertambah berat. Jadi lebih baik menahan diri dari pada laptop cepat rusak.

Biarkan laptop istirahat ketika mengisi daya. Hal ini juga sebagai langkah sederhana merawat laptop guna memperpanjang masa pemakaiannya.

2. Mengontrol Durasi Pemakaian

Hindari menggunakan laptop secara nonstop atau tanpa berhenti. Laptop layaknya manusia yang membutuhkan waktu istirahat.

Jangan disangka laptop sebagai barang elektronik tidak memiliki batas kemampuan penggunaan. Hal ini juga untuk mencegah agar baterai laptop tidak boros dan cepat rusak.

3. Mematikan Laptop dengan Tepat

Rupanya tak jarang ditemui pengguna laptop yang masih asal-asalan dan  belum memperhatikan beberapa hal ketika mematikan laptop.

Ketika mematikan laptop, pastikan tutup semua aplikasi, jendela, serta eject USB yang masih tersambung. Barulah dapat mematikan laptop, tunggu hingga benar-benar mati lalu tutup.

4. Memakai Charger Asli

Demi keamanan laptop, hindari menggunakan charger perangkat lain atau kw. Karena charger asli laptop sudah didesain untuk mengatur kecepatan arus daya baterai agar tetap stabil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.indorentalmedia.com/cas-laptop-berapa-jam/