6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Tak hanya buahnya,daun sukun juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

5. Mencegah inflamasi dan Peradangan

Manfaat daun sukun juga dapat mencegah inflamasi dan beradangan. Caranya, sediakan satu lembar daun sukun yang sudah tua. Cuci daun sukun tersebut sampai bersih, lalu rebus daun sukun dengan menggunakan lima gelas air. 

Setelah air mendidih, biarkan sampai air rebusan ini menjadi separohnya. Saring air daun sukun tersebut dan siap untuk diminum langsung. Minumlah dengan rutin untuk mendapatkan khasiatnya.

Baca lagi:Penurun Kolesterol Alami Terbaik, Inilah 5 Rebusan Daun untuk Turunkan Kolesterol Tinggi dengan Mudah

6. Menurunkan kadar gula darah

Sukun termasuk salah satu jenis tanaman yang memiliki efek insulin yang dapat menurunkan gula darah. Hasil riset Puspa DN Lotulung, Sofa Fajriah, Andini Sundowo, dan Euis Filaila dari Pusat Penelitian Kimia LIPI menujukkan bahwa senyawa flavonoid daun sukun yang berhasil diisolasi, yaitu 8-geranyl-4,5,7-trihydroxyflavone bersifat sebagai anti diabetes yang kuat.

Khasiat daun sukun sebagai herbal bagi penderita diabetes juga dibuktikan oleh peneliti dari UGM, Nublah SP. Penelitian tersebut dilakukan dengan menguji pemberian ekstrak daun sukun pada tikus jantan galur wistar yang diberi glukosa monohidrat sehingga mengalamu hiperglikemia. Pemberian 1,35 g guloksa monohidrat per 200 g bobot badan menyebabkan kadar gula darah tikus naik dari 88,96 mg/dl menjadi 173,95 mg/dl.

Perlu diingat! Saat mengonsumsi ramuan daun sukun maka kamu harus menghindari konsumsi daun singkong, daun kangkung dan daun bayam. Selain itu, konsumsi daging merah dan jeroan juga harus dihindari. Hal ini dikarenakan konsumsi tersebut akan membuat darah mengental yang akhirnya mengakibatkan kram otot.

Itulah enam manfaat daun sukun untuk kesehatan dan cara mengolahnya. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: