6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Tak hanya buahnya,daun sukun juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Daun sukun acapkali dibuang begitu saja menjadi sampah tak berguna, padahal manfaat Daun sukun untuk kesehatan ternyata luar biasa. 

Sukuh (Artocarpus altilis) selama ini banyak dimanfaatkan buahnya untuk cemilan, seperti keripik sukun dan lainnya. Manfaat buah sukun untuk kesehatan dan kecantikan juga banyak, seperti menurunkan kadar kolesterol, mencegah anemia, menyehatkan sistem pencernaan hingga membuat kulit lebih sehat.

Tak hanya buahnya saja yang kaya manfaat. Daun sukun juga bermanfaat untuk mengobati penyakit ginjal, mengobati asam urat, menurunkan kadar kolesterol, mengobati sakit jantung hingga menurunkan kadar gula darah. Begitu luar biasanya manfaat daun sukun yang selama ini hanya dianggap sampah ini.

Khasiat daun sukun juga menyembuhkan berbagai penyakit, baik itu penyakit biasa maupun kronis. Daun sukun diantaranya untuk menyembuhkan penyakit liver, penyakit ginjal, hepatitis, sakit gigi, gatal-gatal pada kulit, pembesaran limpa, dan penyakit jantung dapat diatasi oleh daun sukun.

Baca juga:12 Manfaat Buah Sukun untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui, Ternyata Tak Hanya Membuat Kenyang

Manfaat daun sukun untuk kesehatan ini diperoleh dari kandungan yang dimiliki oleh daun sukun. Pasalnya, daun sukun mengandung unsur polifenol, asam hidrosionat, quercetin dan artoindosionin, hidrosianat, kalium, asetilkolin, tannin, riboflavin, dan phenol serta beberapa senyawa lainnya. 

Daun sukun memiliki kandungan kelompok senyawa turunan flovonoid, yaitu senyawa ortoindonesionin dan quercetin. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan. Dan banyak digunakan sebagai komponen aktif dalam obat-obatan.

Daun sukun tak hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah dan gula darah. Manfaat lainnya sebagai solusi untuk menyelamatkan ginjal. Hal ini selaras dengan hasil penelitian yang dilakukan oleh LIPI dan seorang peneliti yang berasal dari Cina, yakni daun sukun dapat mengobati penyakit-penyakit kardiovaskular. 

Kalium membuat batu ginjal berupa Ca-oksalat terceraiberai. Endapan batu ginjal akhirnya larut keluar bersama urine. Batu ginjal pun sirna dengan mengomsumsi daun sukun secara rutin. 

Baca lagi:9 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan, Mengobati Batu Ginjal, Mengatasi Jerawat Hingga Mengurangi Stres

Medis memang masih meragukan beberapa keampuhan ramuan daun sukun ini. Namun, tidak ada salahnya untuk mencobanya sesuai dengan petunjuk.

Berikut manfaat daun sukun untuk kesehatan dan cara mengolah daun sukun untuk diminum secara rutin. Berikut panduannya seperti dilansir laman Kementerian Pertanian:

1. Mengobati penyakit ginjal

Penggunaan ramuan daun sukun untuk obat penyakit ginjal belum terbukti secara ilmiah. Namun, penderita penyakit ginjal yang mengonsumsi daun sukun menunjukkan indikator perbaikan kondisi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: