6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Tak hanya buahnya,daun sukun juga kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Yakni berupa hilangnya pembengkakan dan berkurangnya kandungan protein dalam urine. Bahkan, beberapa testimoni pengguna teh daun sukun menunjukkan nilai proten urinenya negatif.

Baca juga:7 Minuman untuk Membersihkan Ginjal, Mampu Mengeluarkan Racun dari Dalam Tubuh dengan Cepat

Cara mengonsumi daun sukun untuk obat penyakit ginjal bisa dengan meminumnya sebagai teh daun sukun. Saat ini ramuan teh daun sukun ini banyak dijual di pasaran. 

Cara paling praktis ialah dengan merebus daun sukun, lalu air rebusannya dikonsumsi setiap hari secara rutin dengan disiplin. Artinya, mengonsumsinya tidak boleh bolong-bolong. Ikhtiar ini harus dilakukan dalam jangka panjang, agar penyakit ginjal tersebut sembuh total.

2. Mengobati asam urat

Manfaat daun sukun untuk kesehatan yang kedua ialah untuk mengobati asam urat. Caranya, ambil segenggam daun sukun yang telah dikeringkan dan seduh dengan air mendidih. Seduhan daun sukun ini bisa ditambah dengan madu atau gula batu untuk mengurangi rasa pahit yang ditimbulkan dari getah daun sukun.

Baca lagi:11 Manfaat Jahe Untuk Kesehatan, Meredakan Nyeri Sendi hingga Menurunkan Kolesterol dan Asam Urat

3. Mengobati sakit jantung

Hasil penelitian dari Pusat Penelitian Kimia Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama dengan pakar peneliti lainnya, ekstrak daun sukun mengandung flavonoid dan sitosterol yang berkhasiat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Menurut DR Tjandrawati M. Ozef dari LIPI, uji khasiat baik secara in vitro maupun in vivo terhadap ekstrak daun sukun telah menunjukkan hasil sangat baik.

Pilihlah daun sukun yang sudah berumur tua, karena kandungan zatnya lebih maksimal untuk menyembuhkan penyakit jantung. Cuci bersih daun sukun lalu jemur hingga kering. 

Setelah itu, rebus daun sukun dengan lima gelas air sampai menjadi setengah dari awal. Saring ramuan ini dan minum setelah menjadi hangat tanpa disisakan.

Baca juga:Bermanfaat untuk Kesehatan! Ini Khasiat Air Rebusan Daun Pandan, Bisa Mencegah Penyakit Jantung

4. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat daun sukun untuk kesehatan selanjutnya adalah mampu menurunkan kadar kolesterol. Cara mengolahnya, siapkan segengggam daun sukun yang telah dikeringkan dan juga bangle yang diseduh dengan menggunakan air panas. Minum ramuan ini layaknya minum teh dan bisa diminum setiap hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: