4 Orang Meninggal Dunia Karena DBD, Dinkes Batang Minta Masyarakat Waspada DBD Hadapi Musim Penghujan

4 Orang Meninggal Dunia Karena DBD, Dinkes Batang Minta Masyarakat Waspada DBD Hadapi Musim Penghujan

pelaksanaan fogging yang dilakukan Dinkes Batang-IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sepanjang 2023, ada empat orang meninggal dunia karena demam berdarah dengue atau DBD. Oleh kareanya, Dinkes Batang meminta masyakarat lebih waspada menghadapi musim penghujan. 

Hal ini seperti disampaikan Plt Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit atau P2P, Ery Saraswanto melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Batang M Wahyudi A. Dijelaskannya sepanjang 2023 ada 179 kasus, dimana kasus terbanyak terjadi di triwulan pertama. Untuk triwulan 1 ada 93 kasus, triwulan 2 ada 49 kasus, triwulan 3 ada 14 kasus, dan triwulan 4 ada 23 kasus. 

"Dari data Dinkes, kasus terbanyak terjadi di triwulan pertama karena masuk musim penghujan. Oleh karenanya kami mengimbau agar masyarakat bisa waspada, dengan aktif menerapkan Pemberantasan sarang nyamuk atau PSN," tegasnya.

Pihaknya berharap DBD bisa diantisipasi dengan jangka panjang melalui pembiasaan PSN. Dimana bisa dilakukan setidaknya seminggu sekali sembari membersihkan lingkungan sekitar. 

Terkait dengan permintaan fogging, pihaknya siap untuk melaksanakan permintaan fogging dari masyarakat. Meski begitu ada berapa prioritas daerah fogging, dimana jika sudah terbukti ada kasus DBD di daerah pemohon. 

"Fogging itu lebih ke pengendalian bukan pencegahan. Jadi untuk langkah pencegahan tetap kami sarankan penerapan PSN," pungkasya. (nov)

KASUS DBD DI BATANG TAHUN 2023

TRIWULAN         KASUS

Triwulan 1       93

Triwulan 2       49 

Triwulan 3       14

Triwulan 4       23

TOTAL KASUS  179 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: