Prajurit Kodim 0710 Pekalongan jadi Pendekar Sampah, Diterjunkan Perangi Sampah di Pasar Tradisional

Prajurit Kodim 0710 Pekalongan jadi Pendekar Sampah, Diterjunkan Perangi Sampah di Pasar Tradisional

Prajurit Kodim Pekalongan jadi pendekar sampah dengan memerangi kekumuhan akibat sampah di pasar tradisional seperti Pasar Doro.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Kodim Pekalongan perangi sampah di pasar tradisional di Kabupaten Pekalongan. Kodim Pekalongan terjunkan prajuritnya untuk jadi pendekar sampah untuk bersih-bersih di Pasar Doro, Kamis, 4 Januari 2024.

Saat musim hujan, kondisi pasar tradisional terkesan kumuh. Selokan-selokan tersumbat sampah. Akibatnya saat hujan turun, kondisi pasar becek penuh dengan genangan air. 

Belum lagi kesadaran masyarakat dan pedagang untuk membuang sampah pada tempatnya. Tak pelak, kondisi ini menambah kesan kumuh pada pasar tradisional.

Untuk itu, TNI dari Kodim 0710 Pekalongan bersama semua komponen dan masyarakat melaksanakan kegiatan pembersihan pasar tradisional. Kegiatan saat ini bertempat di Pasar Doro Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan.

Kegiatan digelar dalam rangka memberikan rasa nyaman kepada masyarakat dalam beraktivitas dan mencegah terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh sampah, terutama saat musim hujan seperti ini. 

Kegiatan bersih-bersih Pasar Doro dipimpin Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya. Didampingi Waka Polres Pekalongan Kompol Ahmad Ghifar Al Ahfaqsyi, Pabung Kodim 0710 Pekalongan, anggota Polres Pekalongan, pemda, BPBD, FKPPI, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Dindagkop, ormas PP, Bapera, Lindu Aji dan masyarakat.

Dandim 0710 Pekalongan Letkol Inf Rizky Aditya, menyampaikan, kegiatan dilakukan sebagai tindak lanjut dari program Kasad, yaitu TNI sebagai pendekar sampah. Artinya adalah memerangi keberadaan sampah yang bisa mengganggu kesehatan masyarakat.

“Kegiatan ini adalah sebagai tindak lanjut program bapak Kasad yaitu untuk melaksanakan kerja bakti di wilayah dengan fokus pembersihan sampah, karena dengan wilayah bersih sampah maka diharapakan kehidupan masyarakat akan menjadi lebih baik dan sehat,” jelas Dandim Pekalongan.

Dandim Pekalongan berharap, dengan kegiatan yang dilaksanakan bisa memotivasi masyarakat lainnya, khususnya para pedagang dan pembeli yang beraktivitas di pasar, untuk bersama-sama menjaga kebersihan sehingga keberadaan pasar menjadi nyaman dan sehat.

“Pasar ini kan tempat aktivitas masyarakat umum, sehingga apabila pasarnya bersih otomatis kehidupan masyarakat juga akan sehat, untuk itu mari jaga kebersihan lingkungan masing-masing agar kita terhindar dari penyakit khususnya yang diakibatkan oleh sampah,” tandasnya.

Mita, salah satu pedagang di Pasar Doro mengaku senang dan berterima kasih adanya kegiatan yang dilakukan oleh TNI bersama-sama aparat lainnya. Karena menurutnya pasar menjadi bersih dan nyaman untuk ditempati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: