Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Salah Satunya Mencegah Alzheimer!

Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Salah Satunya Mencegah Alzheimer!

Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Salah Satunya Mencegah Alzheimer!--Freepik.com

Secara spesifik, dikatakan bahwa novel fiksi dengan genre fantasi memberikan efek yang lebih besar dalam hal ini, apalagi jika novel tersebut dinikmati dalam bahasa asing, misalnya bahasa Inggris.

Kreativitas

Jika menikmati film atau karya visual lainnya, kamu akan disajikan gambaran secara langsung dari cerita yang dibawakan, sehingga tidak perlu membayangkan sendiri bagaimana situasinya.

Sedangkan jika membaca novel fiksi, kamu secara alami akan membayangkan sendiri visualisasi dari kisah yang kamu nikmati dan itu bisa berbeda dari satu pembaca dengan pembaca lainnya. Kreativitasmu dalam berimajinasi akan diasah di sini.

Terlebih untuk novel fantasi yang situasinya tidak pernah kamu jumpai di dunia nyata, kreativitasmu akan lebih mudah terbangun.

Meningkatkan Daya Ingat dan Mencegah Alzheimer

Diungkap oleh National Academy of Sciences, salah satu manfaat membaca novel fiksi yang dapat diperoleh adalah memiliki daya ingat lebih tinggi.

Dikatakan berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa orang yang rutin membaca novel memiliki ingatan yang lebih kuat 32% dibandingkan dengan mereka yang tidak suka membaca.

Fakta tersebut salah satunya berdasarkan alasan bahwa cerita-cerita yang terekam di dalam kepala bisa menjadi terapi agar otak lebih kebal dari risiko penurunan daya ingat.

Inilah yang kemudian menjadi sebab besar mengapa membaca novel fiksi bisa membantu mencegah seseorang dari penyakit Alzheimer.

Itulah beberapa manfaat membaca novel fiksi yang datang dari para ahli melalui berbagai penelitian. Kabar bagus untukmu pecinta novel, bukan? (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: