Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku

Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku

Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Artikel ini dibuat khusus untuk para pecinta buku untuk memahami posisi baca yang benar sehingga kesehatan mata tetap terjaga.

Salah satu dilema yang dihadapi orang-orang dengan hobi membaca adalah kecenderungan kesehatan mata yang menurun. 

Terkadang, hobi membaca yang tinggi membuat orang mengabaikan kebiasaan baca yang berisiko mengancam kesehatan mata.

Misalnya kebiasaan membaca di tempat gelap atau sambil tiduran yang berisiko menyebabkan rabun jauh atau miopi serta gangguan penglihatan lainnya.

Oleh karenanya, khususnya bagi setiap orang yang berhobi membaca, artikel ini akan menyajikan daftar posisi baca yang benar untuk menjaga kesehatan membaca. Simak sampai akhir, ya!

BACA JUGA Membaca Novel Fiksi Ternyata Bisa Tingkatkan Fungsi Otak! Ini 6 Manfaat Lengkapnya

Duduk dengan Posisi Punggung Tegak dan Kaki Lurus

Selain menjaga kesehatan mata, posisi baca yang benar ini akan membantu melancarkan sirkulasi darah ke seluruh tubuh meski pelakunya duduk berjam-jam untuk membaca buku.

Memilih kursi dengan sandaran yang nyaman juga harus menjadi perhatian, sehingga tubuh tetap nyaman ketika menikmati isi buku. Dengan memilih kursi yang nyaman, kamu juga akan terhindar dari berbagai keluhan seperti nyeri punggung, leher kaku, dan pegal-pegal di bahu.

Agar mata tidak cepat lelah, usahakan pula untuk menghindari kebiasaan menundukkan kepala atau membungkukkan bahu guna mendekati objek bacaan.

Ingat untuk selalu menghindari posisi baca tiduran atau berbaring, karena posisi baca tersebut berpotensi besar untuk menimbulkan gangguan mata berupa rabun jauh atau miopi dan gangguan penglihatan lainnya.

Atur Jarak Baca yang Ideal

Baik terlalu dekat maupun terlalu jauh, bukanlah posisi baca yang benar dan disarankan. Kamu perlu mengatur jarak pandang mata dengan objek bacaanmu dengan proporsi yang benar.

Poin posisi baca yang benar ini juga menekankan kembali bahwa membaca sembari tiduran atau berbaring sangat berbahaya untuk mata, karena jarak pandangmu cenderung menjadi lebih dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: