Membaca Novel Fiksi Ternyata Bisa Tingkatkan Fungsi Otak! Ini 6 Manfaat Lengkapnya

Membaca Novel Fiksi Ternyata Bisa Tingkatkan Fungsi Otak! Ini 6 Manfaat Lengkapnya

Membaca Novel Fiksi Ternyata Bisa Tingkatkan Fungsi Otak! Ini 6 Manfaat Lengkapnya--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Sekilas terlihat seperti hobi remeh yang lekat dengan imajinasi kosong, ternyata membaca novel fiksi dapat meningkatkan fungsi otak. Kok bisa? Begini penjelasannya.

Memang, novel fiksi tidak berisi pengetahuan nyata sebagaimana yang ditawarkan oleh buku nonfiksi.

Inilah sebabnya membaca novel fiksi dianggap sebagai hobi yang tidak terlalu penting dan hanya berfungsi menyenangkan diri di waktu luang.

Akan tetapi, ternyata membaca novel fiksi dapat meningkatkan fungsi otak dalam memproses berbagai informasi, mulai dari budaya, ekonomi, sosial, politik, dan berbagai isu dalam kehidupan lainnya.

Penasaran apa saja alasan yang menjadi dasar pernyataan bahwa membaca novel fiksi dapat meningkatkan fungsi otak? Yuk, simak artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA:Dijamin Jago Ngomong! Ini 5 Buku Self-Improvement untuk Meningkatkan Skill Komunikasi dalam Dirimu

BACA JUGA:Romantis Banget! 4 Novel Metropop Office Romance Ini Siap Buat Kamu Baper Parah

1. Menjaga Otak Tetap Aktif

Sebagaimana otot, otak pada dasarnya merupakan organ yang membutuhkan latihan rutin agar fungsinya bisa terus optimal, tetap kuat dan sehat.

Membaca novel fiksi dapat meningkatkan fungsi otak karena dalam melakukan aktivitas itu, otak bekerja untuk memahami berbagai hal yang ada di dalamnya, mulai dari karakter tokoh, konflik, hingga isu yang diangkat seperti sejarah, politik, dan lainnya.

Melakukan aktivitas membaca ini dapat menjadi salah satu upaya untuk menjaga menstimulasi otak tetap aktif dan bekerja sesuai fungsinya.

2. Mengasah Imajinasi

Tidak seperti saat kamu menikmati karya film atau karya visual lainnya, membaca novel akan menuntunmu secara alamiah untuk membayangkan situasi yang diceritakan di dalamnya.

Kamu secara otomatis akan menafsirkan peristiwa yang disajikan ke dalam suatu gambaran visual di otakmu. Dengan begitu, kemampuan imajinasimu semakin terasah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: