Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran

Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran

Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Buku merupakan salah satu benda dengan jutaan penggemar di seluruh dunia. Untukmu yang menjadi salah satunya, berikut akan disajikan beberapa tips merawat Buku agar tidak kuning dan jamuran, sehingga Buku koleksimu bisa terus terlihat baru.

Mengoleksi buku tentu menjadi hal yang menyenangkan bagi setiap orang yang gemar membaca. Akan tetapi, ada persoalan yang harus mereka hadapi dalam hobinya ini, yakni kerusakan pada buku terlebih kertas yang menguning.

Pada dasarnya, kertas yang semula putih secara alami memang bisa berubah warna menjadi kuning, terlebih ketika buku terlalu sering terkena paparan sinar matahari, atau bisa juga karena terlalu lama disimpan di tempat lembap, sehingga buku tersebut mengalami oksidasi. Proses itulah yang membuat buku cepat menguning.

Lantas, bagaimana solusi untuk situasi ini?

Nah, kamu bisa mendapatkan jawaban tentang tips merawat buku agar tidak kuning dan jamuran melalui daftar berikut ini. Simak sampai akhir, ya!

BACA JUGA Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Salah Satunya Mencegah Alzheimer!

Pastikan Buku Disimpan di Tempat Terbuka

Salah satu cara merawat buku agar tidak kuning dan jamuran adalah dengan menghindari menyimpannya di tempat tertutup. Sebab, menyimpan buku di tempat tertutup akan membuat buku menjadi lembab dan kemudian berjamur.

Kamu juga perlu mengatur agar buku berada di ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik dengan rak buku yang tidak bersentuhan langsung dengan lantai.

Agar kertas tidak menguning, pastikan pula untuk menjauhkan rak buku dari paparan sinar matahari langsung, dan jangan menutup rak buku.

Bersihkan Secara Berkala!

Setidaknya dua minggu sekali, kamu perlu membersihkan rak buku dan buku-bukumu. Keluarkan koleksi bukumu itu dari rak untuk kemudian mengatur ulang buku agar tersirkulasi dengan baik.

Jika kamu tidak merawat buku agar tidak kuning dan jamuran dengan rutin membersihkan rak dan bukunya, maka debu dapat menempel, udara menjadi lebih lembab, sehingga bisa muncul jamur atau bahkan kutu buku.

Gunakan Sampul Buku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: