Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran

Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran

Jaga Buku Kesayanganmu! Ini 5 Tips Merawat Buku Agar Tidak Kuning dan Jamuran--Freepik.com

Penggunaan sampul buku sangat penting untuk merawat buku, terutama agar sampulnya tidak rusak dan usang. Oleh karenanya, bersamaan dengan saat kamu membeli buku baru, pastikan bahwa kamu juga membeli sambul buku dan langsung memasangnya.

Usahakan pula untuk tidak menyampul buku terlalu ketat dan gunakan plastik tipis yang bening.

BACA JUGA Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!

Gunakan Hidrogen Peroksida untuk Membersihkan Rak Buku

Fungsi dari bahan kimia yang satu ini adalah untuk mengatasi munculnya jamur. Kamu bisa menggunakan campuran hydrogen peroksida dan air untuk mengelap rak buku menggunakan lap bersih atau kapas.

Jika kamu menemukan jamur di dalam buku, sikat buku dengan sikat berbulu halus secara pelan-pelan atau gunakan kapas lembut.

Usir Jamur dengan Baking Soda

Selain hydrogen peroksida, kamu juga bisa menggunakan baking soda untuk mengusir jamur pada bukumu. Inilah cara merawat buku agar tidak kuning dan berjamur terakhir yang bisa direkomendasikan kepadamu melalui artikel ini.

Caranya adalah dengan menaburkan baking soda pada bagian buku yang berjamur atau bau. Halaman buku yang sudah ditaburi baking soda, biarkan terbuka selama beberapa hari hingga baunya hilang. 

Jika baunya sudah hilang, bersihkan baking soda yang masih menempel di buku dan simpan kembali buku dalam rak.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk merawat buku agar tidak kuning dan berjamur. Yuk, praktikkan sekarang juga!

**AN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: