Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tingkat Kabupaten Pekalongan, Ini Pesan Wakapolres Pekalongan

Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 Tingkat Kabupaten Pekalongan, Ini Pesan Wakapolres Pekalongan

Wakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.IDWakapolres Pekalongan Kompol Kholid Mawardi pimpin upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Kabupaten Pekalongan di lapangan belakang Sekda Kabupaten Pekalongan, Senin, 20 Mei 2024.

Peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-116 tahun 2024 mengambil tema "Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas". Tema ini diusung untuk membawa nilai semangat dan kekuatan bagi seluruh insan Tanah Air.

Kompol Kholid dalam sambutannya menyampaikan, saat ini berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa.

Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, saat ini menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

"Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner," ujar dia.

Baca juga:Hari Kebangkitan Nasional, Pj Bupati Batang : Teknologi Harus Menjadi Alat Memperkuat Persatuan dan Kesatuan

Banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi. Adagium di zaman ini jelas, dia yang menguasai teknologi, dia pula yang akan menguasai peradaban. Di titik ini, gambarannya makin jelas, penguasaan atas teknologi merupakan keniscayaan bagi kita untuk menyongsong Indonesia emas.

Dikatakannya, inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari. Kecepatannya bak lompatan kuantum. Dalam dua dekade terakhir, perubahannya demikian pesat. Teknologi digital, misalnya, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang. 

Setidaknya, tak terbayangkan dalam tiga dekade yang lalu, bahwa hari ini akan seperti ini. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia. Dunia seakan mengerdil. Semua seperti mendekat, terpampang di depan mata. Jarak bagai tak lagi relevan. Kehadiran visual menyempurnakan kehadiran suara.

"Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama. Kerja bersama dari seluruh komponen bangsa telah menggerakkan roda transformasi dengan pasti. Hasil demi hasil bisa mulai dinikmati, mulai dari kalangan perkotaan sampai dengan pedesaan, di seluruh penjuru tanah air," ungkap Kompol Kholid.

Menurutnya, kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju "Indonesia Emas 2045".

"Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!," tegas Wakapolres Pekalongan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: