Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!

Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!

Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Ternyata banyak sekali manfaat membaca untuk perkembangan anak, karena itulah perkenalkan buku pada buah hatimu sejak dini.

Mengenalkan anak kepada bahan bacaan bukanlah hal yang langka untuk ditemui. Kesadaran ini muncul karena pada kenyataannya banyak manfaat membaca untuk perkembangan anak.

Pernyataan bahwa membaca berarti membuka jendela dunia bukanlah omong kosong belaka. Kenyataannya, dengan membaca seseorang, khususnya anak akan mendapatkan berbagai pengetahuan, dan pemahaman yang lebih luas tentang isu-isu, mulai dari budaya, politik, ekonomi, sejarah, dan lainnya.

Tidak hanya terbatas pada menunjang pemahaman dan pengetahuan, manfaat membaca untuk perkembangan anak terdiri dari banyak hal.

Berikut daftar yang lebih mendetail tentang manfaat membaca untuk perkembangan anak yang bisa kamu jadikan dasar melanggengkan kegiatan membaca pada anak sejak dini.

BACA JUGA Kabar Gembira! Ini 5 Manfaat Membaca Buku untuk Kesehatan Mental, Jaga Dirimu Tetap Bahagia

Mempererat Ikatan Orang Tua dan Anak

Ine Indriani yang merupakan seorang psikolog klinis mengungkapkan bahwa sejatinya yang utama dari manfaat membaca untuk perkembangan anak adalah terciptanya keterikatan antara anak dengan orang tuanya yang lebih kuat. 

Membaca buku bersama bisa menjadi salah satu media quality time, sehingga melakukannya akan menciptakan perspektif dalam kepala anak bahwa orang tua akan selalu ada untuknya.

Dengan membiasakan kegiatan membaca bersama sejak dini, kamu bisa membangun koneksi yang lebih dekat dengan buah hati. 

Oleh karenanya, dapat dikatakan bahwa membiasakan membaca bersama sejak dini bukanlah pilihan, melainkan kewajiban yang harus diambil oleh setiap orang tua.

Melatih Respons Anak

Berdasarkan pendapat Kenneth Wible, dikatakan bahwa salah satu manfaat membaca untuk perkembangan anak adalah terdorongnya respons anak untuk lebih aktif.

Biasanya, bayi atau anak yang dibacakan buku akan memberikan berbagai respons, yang paling sederhana biasanya gerakan pada tangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: