Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!

Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!

Inilah 6 Manfaat Membaca untuk Perkembangan Anak, Perkenalkan Buku pada Buah Hatimu Sejak Dini!--Freepik.com

Membacakan atau mengajak anak membaca buku bersama juga bisa membantu mereka melihat dan mendengar apa saja yang terjadi di sekitarnya kemudian memberikan respons alami.

Mengoptimalkan Perkembangan Kognitif

Kemampuan kognitif anak dapat diasah melalui kegiatan ini. Sebab, salah satu manfaat membaca untuk perkembangan anak mencakup perkembangan kognitif, di mana membaca memberikan dukungan pada proses berpikir.

Ini termasuk juga kemampuan anak untuk mengingat, memecahkan masalah, memproses informasi, bernalar, hingga membuat keputusan.

Membiasakan kegiatan membaca sedini mungkin pada anak akan membuat mereka memiliki kesiapan pengetahuan sebelum benar-benar menghadapi dunia, terlebih ketika mereka masuk ke sekolah nantinya.

Mengasah Kemampuan Berbahasa

Semakin banyak informasi yang diperoleh oleh anak, maka semakin baik dan kaya pula bahasa yang dia gunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Oleh karenanya, manfaat membaca untuk perkembangan anak selanjutnya berkaitan dengan kemampuan mereka dalam berbicara dan bersosialisasi.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan hasil bahwa anak-anak yang lebih sering membaca buku akan memiliki kosakata yang lebih banyak serta memiliki kemampuan matematika yang lebih baik dibandingkan dengan anak lain seusianya yang tidak melakukan hal yang sama.

Jadi, jika kamu ingin agar buah hatimu memiliki keterampilan berbahasa yang lebih baik, maka perlu bagimu untuk membiasakan aktivitas membaca sejak dini.

Memperkenalkan Emosi

Memberikan anak bahan bacaan fiksi bisa membuat mereka memahami berbagai emosi yang sebelumnya asing. Dari setiap kisah yang kamu sajikan kepada anak, mereka perlahan bisa memahami emosi yang dialami oleh karakter dalam buku tersebut.

Lebih jauh lagi, pemahaman terhadap emosi akan lebih baik jika kamu membacakan cerita kepada mereka dengan menggunakan nada dan ekspresi.

BACA JUGA Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi

Melatih Kreativitas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: