Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku

Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku

Inilah 5 Posisi Baca yang Benar! Jaga Mata Tetap Sehat Meski Hobi Melahap Berbagai Macam Buku--Freepik.com

Idealnya, jarang mata dengan objek bacaan yang dikatakan aman adalah sekitar 25 sampai 30 sentimeter. 

Selain jarak, penting pula bagimu untuk memperhatikan arah dan sudut pandang matamu. Pastikan sudut pandang matamu tidak jauh dari sudut 60 derajat dengan objek baca. Dengan perspektif ini, artinya objek berada di bawah pandangan mata tetapi tidak terlalu rendah.

Kamu perlu tetap menjaga jarak ini dan tidak mendekatkan mata ke objek baca.

Mengoptimalkan Pencahayaan dan Menghindari Membaca di Ruang Gelap atau Temaram

Untuk bisa melihat objek bacaan dengan jelas, pencahayaan sangatlah penting untuk diperhatikan. Jangan terlalu terang, pun pastikan pencahayaan tidak temaram.

Membaca di situasi yang terlalu terang akan membuat mata silau, sedangkan membaca dengan penerangan redut membuat pandangan terhadap objek baca buram.

Sehingga, untuk mendapatkan posisi baca yang benar, maka kamu perlu menjaga agar pencahayaan ketika membaca di ruangan bisa optimal. Kamu perlu memperhatikan kesesuaian intensitas cahaya yang tepat dengan luasnya ruangan tempatmu membaca.

Pastikan pula bahwa cahaya diarahkan fokus ke objek baca sehingga mata bisa menangkapnya dengan optimal. Artinya, kamu perlu mengarahkan lampu tepat ke arah meja di mana objek bacamu berada.

Membaca di Luar Ruangan Lebih Baik Untukmu

Fakta tentang posisi baca yang benar satu ini mungkin jarang kamu ketahui. Akan tetapi, faktanya membaca buku di luar ruangan berkontribusi besar dalam meningkatkan level kontras cahaya.

Dengan demikian, kamu bisa melihat setiap huruf yang ada dalam buku dengan lebih jelas. 

BACA JUGA Siapa Sangka? Ahli Beberkan 5 Manfaat Membaca Novel Fiksi, Salah Satunya Mencegah Alzheimer!

Istirahatkan Mata Secara Berkala

Meski sudah menerapkan posisi baca yang benar, matamu tetap bisa lelah. Oleh karenanya, istirahatkan mata secara berkala. Berhentilah sejenak dari aktivitas membacamu dan beralih melihat objek lain.

Kamu bisa mengikuti aturan 20-20-20 untuk meningkatkan fokus dan mencegah kelelahan pada matamu. Maksud dari aturan ini adalah usahakan untuk fokus membaca selama 20 menit dalam posisi baca yang benar, setelah itu berikan jeda dengan melihat objek yang berjarak sekitar 20 inci dari mata selama 20 detik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: