Ingin Tetap Langsing saat Hamil? Begini 5 Cara Menjaga Berat Badan saat Hamil Agar Tidak Naik Drastis

Ingin Tetap Langsing saat Hamil? Begini 5 Cara Menjaga Berat Badan saat Hamil Agar Tidak Naik Drastis

Ilustrasi cara menjaga berat badan saat hamil .-senivpetro/Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Obesitas menjadi masalah yang sering dikhawatirkan oleh para ibu hamil. Maka dari itu perlu melakukan beberapa cara untuk menjaga berat badan saat hamil agar tidak melonjak drastis dan menyebabkan obesitas.

Sebelumnya perlu dipahami bahwa adanya kenaikan berat badan saat hamil adalah hal yang wajar. Hal ini justru menjadi salah satu indikator adanya pertumbuhan pada janin yang dikandung.

Namun pada beberapa kondisi tertentu kenapa kenaikan berat badan yang berlebihan dapat menimbulkan masalah kesehatan di masa kehamilan. Sehingga dari dokter pun biasanya akan menganjurkan untuk mulai lebih menjaga berat badan saat hamil.

Kenaikan yang drastis saat hamil bisa saja menjadi pemicu adanya hipertensi pada ibu hamil menghambat proses persalinan dan masalah kesehatan lainnya.

BACA JUGA:Bolehkah Diet saat Hamil? Begini Cara Diet yang Aman Bagi Ibu Hamil untuk Mengatasi Kelebihan Berat Badan

BACA JUGA:Punya Keluhan Obesitas saat Hamil? Ini 5 Tips Diet Ibu Hamil Agar Nutrisi Tetap Terpenuhi dengan Baik

Maka dari itu perlu untuk tetap aktif bergerak selama hamil sebagai bentuk menjaga kebugaran tubuh dan berat badan selama masa kehamilan.

Berikut ini beberapa cara menjaga berat badan saat hamil agar tidak mengalami kenaikan secara drastis, dan menyebabkan obesitas.

Cara Menjaga Berat Badan saat Hamil

1. Makan Teratur

Penting untuk memiliki jadwal makan yang teratur yaitu tiga kali dalam sehari.

Apalagi saat sedang mengandung, karena tidak hanya ibu yang butuh nutrisinya terpenuhi tetapi juga ada janin dalam kandungan yang butuh nutrisi untuk perkembangannya.

Sering disalahpahami, melewatkan satu kali jam makan dianggap bisa mengurangi asupan kalori harian.

Padahal dengan melewatkan game makan dapat meningkatkan konsumsi makanan yang tidak sehat dan memperlambat proses metabolisme tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: