Tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 Gelar Sosialisasi Anti Bullying dan Literasi di MI NU Baros

Tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 Gelar Sosialisasi  Anti Bullying dan Literasi di MI NU Baros

Tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 berfoto bersama siswa MI NU Baros -FOTO -Malikha

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 menggelar kegiatan sosialisasi anti bullying dan literasi di MI NU Baros sebagai salah satu program yang diusung dalam projek KKN periode 1 tahun akademik 2023/2024.

Disampaikan Ketua tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 Affifah Febilistyawati Maulin bahwa kegiatan sosialisasi anti bullying dan literasi di MI NU Baros ini bertujuan untuk untuk memberikan wawasan dan pengertian kepada siswa MI NU Baros terkait pencegahan perundundungan sesama teman serta memberikan motivasi untuk menarik minat baca dari siswa / siswi MI NU Baros.

"Kegiatan sosialisasi anti bullying di sekolah ini kita pilih sebagai salah satu program karena dipicu oleh keprihatinan akan meningkatnya kasus bullying yang merugikan siswa. Fenomena ini tidak hanya mengancam kesejahteraan mental dan emosional siswa, tetapi juga dapat mengganggu suasana belajar yang kondusif," ungkap Mahasiswa Manajemen semester 7 ini.

BACA JUGA:Fisioterapi Unikal Damping Disabilitas untuk Tingkatkan kemandirian Kesehatan Fisik Disabilitas

BACA JUGA:Unikal Terjunkan 690 Mahasiswa KKN Tematik PPM Periode 1 Tahun 2023/2024

Selain itu, menurutnya perlu adanya upaya sistematis untuk meningkatkan kesadaran, membangun empati, dan menciptakan lingkungan sekolah yang aman serta bebas dari perilaku bullying. 

"Sosialisasi ini menjadi langkah kunci dalam membentuk budaya sekolah yang mendukung pertumbuhan positif dan menghadirkan rasa keamanan bagi setiap individu di lingkungan pendidikan," imbuh Afifah.

Ditambahkan olehnya, program yang dilaksanakan oleh tim KKN Kelurahan Kalibaros 2 ini juga tidak hanya mencakup siswa atau permasalahan seputar pendidikan saja, namun juga permasalahan masyarakat seperti penyebaran benih ikan, kerja bakti bersama warga, posyandu, posbindu, posyandu lansia, kegiatan senam lansia, sosialisasi bullying, kegiatan literasi, gemar menabung dan kreasi membuat celengan, pemanfaatan ember bekas menjadi tempat sampah, sosialisasi Inovasi packaging untuk krupuk dan sosialisasi pemasaran produk.

Pihaknya berharap, kegiatan yang diikuti oleh siswa kelas 5 MI NU Baros ini dapat meningkatkan kesadaran siswa dan siswi bahwasannya perundungan bukanlah hal yang benar dan tidak pantas untuk dilakukan.

"Kami berharap, dari kegiatan literasi di sekolah bisa menciptakan siswa yang memiliki keterampilan membaca, menulis, dan memahami informasi dengan baik. Siswa dapat mengembangkan pemikiran kritis, berkomunikasi efektif, serta memperluas wawasan mereka dan terakhir bisa membuka pintu bagi kecintaan siswa terhadap literatur, ilmu pengetahuan, pengetahuan umum, yang pada gilirannya dapat memberikan pondasi kuat untuk keberhasilan akademis dan kehidupan sehari-hari mereka,"pungkasnya.(mal)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: