Mahasiswa KKN Unikal Hijaukan Embung Desa Wangandowo, Ini Program Kerja Unggulan Lainnya

Mahasiswa KKN Unikal Hijaukan Embung Desa Wangandowo, Ini Program Kerja Unggulan Lainnya

Mahasiswa KKN Unikal bekerjasama dengan CDK IV Korwil II Jateng hijaukan lingkungan embung di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan dengan tanaman buah-buahan dan MPTS.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pekalongan (Unikal) di Desa Wangandowo, Kecamatan Bojong, Kabupaten Pekalongan, menghijaukan embung di desa itu, Rabu, 10 Januari 2024. 

Tak hanya melakukan penanaman bibit pohon buah-buahan di area embung, mahasiswa KKN Unikal Desa Wangandowo kelompok 1 ini juga memiliki program kerja unggulan lainnya. Yakni mengedukasi masyarakat untuk mengolah limbah rumah tangga, baik itu limbah organik maupun nonorganik menjadi produk yang bermanfaat, bahkan bisa memiliki nilai ekonomis.

"Tema KKN tahun ini yaitu lingkungan sehat, ekonomi kuat, masyarakat sejahtera. Yang kegiatannya difokuskan untuk pemberdayaan," ujar Koordinator Kelompok KKN Unikal Desa Wangandowo 1, Imam Radius, disela-sela penyerahan hasil program kerja unggulan ke Pemerintah Desa Wangandowo dan penghijauan di embung Desa Wangandowo. 

Disebutkan, selaras dengan tema KKN, salah satu program kerja unggulan mahasiswa KKN Unikal di Desa Wangandowo ialah pengolahan limbah rumah tangga, baik itu organik maupun nonorganik. Limbah organik dijadikan pupuk organik. Limbah nonorganik dibuat pot dan lainnya.

Baca juga:Tim KKN Unikal Kelurahan Kalibaros 2 Gelar Sosialisasi Anti Bullying dan Literasi di MI NU Baros

"Kita serahkan hasil program kerja unggulan KKN di sini berupa pupuk organik hasil pengolahan limbah organik, dan pot yang merupakan hasil pengolahan limbah nonorganik," terang dia.

Program kerja unggulan lainnya adalah penghijauan lingkungan. Mahasiswa KKN Unikal Desa Wangandowo bekerjasama dengan Cabang Dinas Kehutanan IV KLHK Korwil II Jawa Tengah melakukan kegiatan penanaman bibit pohon buah-buahan dan tanaman multy purpose tree species di area sekitar embung Desa Wangandowo. 

"Bibit buah-buahan seperti alpukat dan tanaman MPTS seperti petai ini bibitnya disupport dari CDK IV KLHK Korwil II Jateng," kata dia.

Dikatakan, penghijauan dipusatkan di area embung karena lokasi itu strategis. Disamping penghijauan untuk melestarikan lingkungan, pohon yang ditanam jika besar bisa menjadi pohon peneduh area sekitar embung. 

Baca lagi:KKN Unikal Gelar Aksi Wash Gandeng Mitra Muda Unicef

"Jika nanti pohonnya berbuah bisa bermanfaat untuk masyarakat sekitar sini," ucap dia.

Mahasiswa KKN Unikal di Desa Wangandowo memiliki program kerja untuk pemberdayaan masyarakat. Diantaranya melakukan penyuluhan sekaligus praktik langsung bersama masyarakat. 

"Kami belajar bersama membuat pupuk organik," kata dia.

Masyarakat diharapkan bisa mengimplementasikan pupuk organik untuk budidaya tanaman padi dan tanaman lainnya. Apalagi dengan kuota pupuk subsidi yang menurun, pupuk organik bisa menjadi alternatif bagi para petani. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: