Efek Samping Daun Sirsak dan Kelompok Orang Yang Tidak Boleh Mengonsumi Daun Sirsak, Perhatikan Baik-baik!

Efek Samping Daun Sirsak dan Kelompok Orang Yang Tidak Boleh Mengonsumi Daun Sirsak, Perhatikan Baik-baik!

Meskipun kaya manfaat untuk kesehatan, daun sirsak juga ada efek sampingnya.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meskipun daun sirsak kaya manfaat untuk kesehatan, namun tetap saja ada efek sampingnya jika dikonsumsi dengan serampangan. Bahkan, ada lho orang yang tidak boleh mengonsumsi daun sirsak lantaran memiliki keadaan tertentu.

Daun sirsak memang sudah kian terkenal sebagai tanaman herbal. Manfaatnya untuk kesehatan begitu luar biasa. Diantaranya untuk mengobati kanker, diabetes, radang tenggorokan, herpes, asam urat, mengatasi nyeri sendi dan sebagainya.

Untuk buah sirsak, masyarakat sudah paham akan manfaatnya untuk kesehatan. Sebab, buah sirsak memiliki kandungan vitamin C, folat, dan mineral seperti kalium, kalsium, tembaga, zat besi dan magnesium dalam daun sirsak. 

Tak hanya buah sirsak saja, daun sirsak juga kian terkenal untuk obat alami dalam mengatasi berbagai gangguan kesehatan. Daun sirsak banyak digunakan dalam pengobatan herbal atau pengobatan tradisional.

Baca juga:8 Manfaat Daun Sirsak dan Cara Merebusnya untuk Obat Alami, Menghilangkan Ketombe Hingga Mengobati Asam Urat

Ingat! Meskipun daun sirsak kaya akan manfaatnya untuk kesehatan, tetap saja ada efek sampingnya yang harus diperhatikan. Konsumsilah daun sirsak dengan wajar dan benar, agar menekan efek samping yang ada.

Dilansir dari alodokter, dilihat Sabtu, 13 Januari 2024, salah satu efek samping mengonsumsi daun sirsak adalah terjadinya gangguan pada hati dan ginjal. Efek samping ini bisa muncul jika daun sirsak dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. 

Efek samping lainnya, beberapa suplemen berbahan daun sirsak dapat merusak saraf. Efek samping ini muncul biasanya jika suplemen tersebut dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang.

Kerusakan pada saraf otak dapat menimbulkan gangguan pada kendali gerak tubuh, halusinasi, dan gangguan lain menyerupai gejala penyakit parkinson.

Baca lagi:6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Obat Alternatif untuk Atasi Insomnia hingga Obat Rematik bagi Lansia

Selain perlu waspada dengan efek samping daun sirsak, beberapa kelompok orang bahkan tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun sirsak.

Yakni orang yang sedang menjalani pengobatan untuk diabetes atau tekanan darah tinggi, dan orang yang memiliki tekanan darah atau kadar trombosit yang rendah.

Selanjutnya, orang yang akan menjalani pemeriksaan pencitraan dengan teknologi nuklir. Orang yang menderita penyakit parkinson, gangguan ginjal, atau gangguan hati juga tidak dianjurkan mengonsumsi daun sirsak.

Ibu hamil dan ibu menyusui juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi daun sirsak. Pasalnya, apakah daun sirsak aman dan efektif dikonsumsi sebagai obat herba pada ibu hamil dan menyusui penelitiannya belum memadai.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: