6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Obat Alternatif untuk Atasi Insomnia hingga Obat Rematik bagi Lansia

6 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan, Obat Alternatif untuk Atasi Insomnia hingga Obat Rematik bagi Lansia

Daun sirsak kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Manfaat daun sirsak untuk kesehatan cukup banyak seperti untuk obat alternatif atasi insomnia, mengontrol gula darah, tekanan darah hingga obat rematik bagi lansia.

Tanaman sirsak kerap dijumpai di pekarangan rumah atau di kebun di pedesaan dan perkotaan. Selama ini, tanaman ini kerap hanya dimanfaatkan buahnya saja dengan rasa asam, manis dan segar.

Padahal selain buah sirsak, daun sirsak pun kaya manfaat untuk kesehatan. Namun, daun sirsak belum banyak yang memanfaatkannya untuk mendukung kesehatan kita, seperti untuk insomnia, mengontrol gula darah hingga menstabilkan tekanan darah.

Manfaat daun sirsak untuk kesehatan ini berkat kandungan berbagai senyawa antioksidan, seperti fitosterol, tanin, dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. 

Baca juga:6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Masyarakat sejak dulu memanfaatkan daun sirsak untuk obat alami, karena bersifat antipiretik, antimikroba, antidiabetes, kardioprotektif, dan anti parasit.

Berikut ini enam manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan cara mengolahnya agar bermanfaat untuk tubuh seperti dilansir halodoc:

1. Mengatasi insomnia

Bagi kamu yang mengalami gangguan tidur atau insomnia, tak salah mencoba obat alternatif dari daun sirsak ini. Sebab, daun sirsak memiliki kandungan yang bersifat relaksan otot polos, sehingga dapat bertindak sebagai obat penenang. 

Cara mengolah daun sirsak untuk obat alami insomnia sangat mudah. Kamu hanya perlu minum air rebusan daun sirsak, atau mencampurnya dengan teh dan madu untuk meningkatkan cita rasanya.

Baca lagi:Stres dengan Tekanan Pekerjaan, Redakan dengan Ramuan Herbal Teh Daun Salam dengan Sereh

2. Mengontrol gula darah

Bagi yang punya kencing manis, daun sirsak bisa membantu mengontrol kadar gula darah. Hasil studi menyebutkan, ekstrak daun sirsak bisa meningkatkan jumlah sel beta pankreas. Glukosa darah puasa juga bisa turun. 

Tak hanya itu, enzim yang membantu memecah karbohidrat kompleks menjadi glukosa atau menghalangi penyerapannya bisa dibantu dengan mengonsumsi daun sirsak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: