Yang Punya Perut Buncit Yuk Pahami, Ini Kriteria Lingkar Perut Ideal dan Cara Mengukurnya

Yang Punya Perut Buncit Yuk Pahami, Ini Kriteria Lingkar Perut Ideal dan Cara Mengukurnya

Ilustrsi kriteria lingkar perut ideal.-Freepik.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Penting mengetahui kriteria lingkar perut ideal sebagai bentuk pencegahan terhadap perut buncit.

Saat lingkar perut sudah melebihi batas normal atau ideal dan muncul masalah perut buncit, maka Anda perlu mulai waspada dan mengubah gaya hidup lebih sehat.

Karena kondisi lingkar perut yang berlebihan rentan terkena masalah kesehatan tertentu. Seperti memicu berbagai macam jenis penyakit kronis.

Kriteria Lingkar Perut Ideal

Lingkar perut juga biasa kita kenal dengan istilah lingkar pinggang. Saat akan membuat baju di penjahit, pasti akan diukur berapa lingkar perut Anda.

Yang termasuk ke dalam lingkar perut atau lingkar pinggang adalah area bagian atas tulang pinggul dan bagian bawah tulang rusuk. Lingkar perut ideal setiap orang memang bisa berbeda, karena dipengaruhi beberapa faktor seperti jenis kelamin, faktor genetik, dan juga gaya hidup.

BACA JUGA:Perut Ramping dalam Seminggu! Ini 3 Kunci Utama Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

BACA JUGA:Tidak Hanya dari Makanan, Ini 5 Faktor Lain Penyebab Perut Buncit Tak Kunjung Teratasi beserta Solusinya!

Dari gaktor jenis kelamin, laki-laki biasanya memiliki perawakan yang lebih besar dan lebar. Dan dari genetik juga bisa memengaruhi lingkar perut, dimana orang dengan gen tulang besar bisa memiliki lingkar perut lebih besar dan sebaliknya. 

Faktor yang memengaruhi lingkar perut selanjutnya adalah gaya hidup. Ini adalah faktor yang akan sangat berkaitan dengan kondisi kesehatan.

Karena saat terpengaruh pola makan sehat dan menambah lingkar perut, akan menjadi kondisi tidak sehat karena penambahan lingkar perut diakibatkan adanya penumpukan lemak di area perut yang berdampak negatif pada kesehatan jika dibiarkan.

Lalu berapa patokan kriteria lingkar perut yang ideal? Dilansir dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, tentang batas aman lingkar perut ideal berdasarkan jenis kelamin adalah 80 cm pada wanita, dan 90 cm pada pria.

BACA JUGA:Sering Jadi Permasalahan Bapak-Bapak, Ini 7 Penyebab Perut Buncit pada Pria yang Perlu Dipahami

BACA JUGA:Sering Dialami Perempuan, Ternyata Ini Penyebab Perut Buncit pada Perempuan yang Perlu Diwaspadai!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: