7 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut, Mengurangi Bau Mulut Hingga Meredakan Sakit Gigi

7 Manfaat Daun Sirih untuk Kesehatan Gigi dan Mulut, Mengurangi Bau Mulut Hingga Meredakan Sakit Gigi

Daun sirih bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.-Hadi Waluyo-

2. Mengurangi bakteri di mulut

Daun sirih memiliki kandungan minyak atsiri. Minyak esensial ini bersifat antibakteri. Sehingga mampu membunuh bakteri di dalam mulut. 

Daun sirih dinilai lebih efektif untuk membunuh bakteri dan mencegahnya tumbuh lagi lantaran diperkaya dengan fenolik dan fitokimia.

Caranya, kamu cukup berkumur dengan air rebusan daun sirih. Bisa pula menggunakan pasta gigi yang diperkaya dengan ekstrak daun sirih.

3. Mencegah gusi bengkak

Gusi bengkak juga akan menyakitkan. Ini biasanya akibat bakteri. Kamu dapat memilih pasta gigi dengan ekstrak daun sirih untuk meredakan gusi bengkak.

Baca juga:Begini Cara Pakai Daun Sirih untuk Memutihkan Gigi Secara Permanen, Cukup 3 Langkah Gigi Langsung Putih Bersih

4. Mencegah plak gigi

Plak gigi disebabkan oleh pertumbuhan bakteri Streptococcus mutans, Lactobacillus caesal dan Actinomycetes kiatus di gigi. Manfaatkan kandungan minyak atsiri dalam daun sirih untuk mencegah pertumbuhan ketiga bakteri tersebut.

5. Mengatasi luka sariawan 

Kandungan antioksidan dalam daun sirih dapat membuat luka akibat sariawan membaik lebih cepat. 

6. Menurunkan risiko karies gigi

Penelitian oleh Departemen Oral Biologi FKG Universitas Padjadjaran menyebutkan, ada perubahan keasaman air liur sebelum dan sesudah menyikat gigi menggunakan pasta gigi dengan kandungan ekstrak daun sirih. Yakni dari asam menjadi basa. 

Pada kondisi air liur basa, bakteri Streptococcus mutans tidak dapat bertahan hidup. Jadi, menyikat gigi dengan pasta gigi ekstrak daun sirih bisa bermanfaat untuk mencegah gigi ngilu akibat gigi berlubang.

Baca lagi:Berbahaya! Inilah 3 Efek Samping Minum Rebusan Daun Sirih Jika Dikonsumsi dengan Cara yang Salah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: