Cegah Asam Urat Melonjak! Inilah 4 Buah yang Mengandung Purin Tinggi yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Cegah Asam Urat Melonjak! Inilah 4 Buah yang Mengandung Purin Tinggi yang Wajib Dihindari Penderita Asam Urat

Buah yang mengandung purin tinggi-ilustrasi durian-Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahukah kalian, buah yang mengandung purin tinggi termasuk ke dalam kategori makanan tinggi purin yang perlu dihindari penderita asam urat.

Asam urat atau yang juga dikenal dengan nama gout sendiri adalah bentuk radang sendi yang disebabkan oleh endapan kristal asam urat.

Asam urat yang menumpuk pada tubuh, seringkali membuat rasa nyeri pada sekitar lutut, siku, tangan, hingga kaki yang mana dapat menganggu aktivitas seseorang, sehingga perlu dilakukan penanganan dengan segera.

Untuk itulah, agar aktivitas kita tidak terganggu oleh asam urat, kita perlu menerapkan gaya hidup sehat. Salah satu caranya ialah dengan menghindari makanan atau minuman tinggi purin.

BACA JUGA:Ini Dia 8 Jus Buah untuk Mata Buram Kaya Multivitamin, Cegah Gangguan Penglihatan

BACA JUGA:Wajib Diminum! Inilah 6 Jus Buah untuk Mata Sehat dan Ampuh Atasi Mata Buram

Makanan tinggi purin tidak hanya di dalam olahan makanan daging seperti jeroan ataupun beberapa jenis sayuran hijau, tapi juga ada pada beberpa jenis buah-buahan segar.

Lantas, apa sajakah jenis buah yang mengandung purin tinggi yang perlu diwaspadai oleh penderita asam urat? Berikut ini informasinya untuk kalian.

1. Durian

Buah yang mengandung purin tinggi yang pertama adalah buah durian. Kandungan kadar purin yang tinggi dalam buah durian inilah yang membuatnya menjadi buah pantangan bagi penderita asam urat.

Durian termasuk buah yang mengandung purin tinggi, yaitu berada pada rentang 100-1000 mg.

BACA JUGA:Berikut 8 Jus Buah untuk Mata agar Penglihatan Tidak Buram dan Berkurang

BACA JUGA:Ini Dia 7 Jus Buah untuk Mata Minus agar Penglihatan Jelas dan Tidak Buram

Menurut Ramayulis yang dikutip dari eprints.umm.ac.id, konsumsi buah durian berlebih akan berubah menjadi alkohol dalam usus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: