Potensial Hasilkan Olahan Ikan, UMKM di Batang Ditarget Bisa Hasilkan Rp180 Juta Per Tahun

Potensial Hasilkan Olahan Ikan, UMKM di Batang Ditarget Bisa Hasilkan Rp180 Juta Per Tahun

Potensial Hasilkan Olahan Ikan, UMKM di Batang Ditarget Bisa Hasilkan Rp180 Juta Per Tahun-IST-

BATANG, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Potensial Hasilkan Olahan Ikan, UMKM di Batang Ditarget Bisa Hasilkan Rp180 Juta Per Tahun. Hal ini seperi disampaikan oleh Analisis Kebijakan Ahli Madya KemenKopUKM Imam Sujarwo, saat Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) menggelar pengembangan kapasitas SDM usaha mikro berbasis kompetensi dan uji sertifikasi kompetensi bidang pengolahan hasil perikanan, di Hotel Sendangsari Batang, Kabupaten Batang, Kamis 25 Januari 2024. 

BACA JUGA:Capai Target 100 persen, Retribusi Pasar Pemkab Batang Hasilkan Rp4.5 Miliar Sepanjang 2023

BACA JUGA:Pilpres Sekali Putaran Semakin Nyata, Prabowo-Gibran Geser Ganjar-Mahfud di Jawa Tengah

Kegiatan yang diikuti oleh 30 peserta ini diharapkan bisa memberikan pendampingan kepada UMKM. Sehingga bisa mendapatkan hasil produksi dan pemasaran yang lebih baik. 

“Pengembangan kapasitas ini akan kami pantau terus dan kita menantang mereka semua dalam jangka waktu 1 tahun mempunyai omset Rp15 juta per bulan akan diikutkan pendampingan lebih intensif di Kementerian seperti keuangan, pemasaran, produksi dan SDM,” tegasnya.

Para peserta nantinya mendapatkan teori dan praktik tentang bagaimana pengolahan ikan. Kemudian, akhirnya ada uji kompetensi sertifikasi supaya mempunyai keahlian standar dan dapat sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

"Kedepannya akan berguna dalam pengembangan usahanya dan dapat menularkan ilmu keahliannya kepada yang lainnya," imbuhnya. 

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan, hasil dari pengembangan kapasitas pengolahan hasil perikanan yang dilatihkan kepada UMKM Kabupaten Batang sudah sangat baik.

“Melihat dari penampilan produk olahan ikannya sudah layak dipasarkan dan tidak kalah dengan produk supermarket seperti sosis ikan, siomay ikan, nugget ikan, dan otak-otak ikan,” ungkapnya.

Ia berharap, hasil pelatihan ini bisa benar-benar memberikan manfaat bagi UMKM Batang, ikut untuk membangun usaha seperti yang sudah diajarkan. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: