Miliki Gangguan Asam Lambung, Mulai Sekarang Batasilah Mengonsumsi 7 Jenis Sayuran Ini

Miliki Gangguan Asam Lambung, Mulai Sekarang Batasilah Mengonsumsi 7 Jenis Sayuran Ini

Tujuh sayuran memperburuk gejala penyakit asam lambung atau gerd.-Tangkapan layar freepik.com-

Kol mengandung gula rafinosa yang sulit dicerna oleh tubuh. Rafinosa ini akan dipecah oleh bakteri baik saat di usus. Namun, hasil pemecahannya berupa karbon dioksida, hidrogen, dan metana.

Gas yang berlebihan ini akan menyebabkan perut kembung dan sendawa. Sehingga bisa memperburuk gejala penyakit asam lambung yang kamu alami.

4. Kembang kol

Kembang kol juga mengandung gula rafinosa yang bisa menyebabkan perut kembung dan memperburuk gejala gerd. Jika ingin mengonsumsi kembang kol, usahakan jangan berlebihan dan dicampurkan dengan sayuran lain yang aman untuk penderita asam lambung, seperti wortel atau selada.

5. Sawi putih

Jika kamu menderita penyakit asam lambung, batasilah mengonsumsi sawi putih karena mengandung gula rafinosa yang bisa membuat perut kembung.

Baca juga:Takut Asam Lambung Naik saat Diet? Ini Daftar Jus Diet yang Aman untuk Lambung, Asam Lambung Jadi Terkontrol

6. Brokoli

Kandungan gula rafinosa dalam brokoli juga bisa memicu perut kembung. Sebagai tips jika ingin makan brokoli yang aman untuk penderita asam lambung, hindari mengolahnya dengan makanan tinggi lemak, seperti keju atau susu.

7. Daun mint

Daun mint bisa melemahkan otot sfingter esofagus bawah yang mempermudah naiknya asam lambung ke kerongkongan. Namun, konsumsi daun mint dalam jumlah yang wajar, misalnya pada teh peppermint atau hidangan penutup, masih tergolong aman untuk penderita gerd.

Selain membatasi sayuran tertentu, untuk mengurangi asam lambung naik kamu juga harus menjaga agar berat badan ideal dan berhenti merokok. Jangan langsung berbaring setelah makan. 

Selain itu, kunyahlah makanan secara perlahan sebelum ditelan, tidur dengan berbaring ke arah kiri, dan tidak mengenakan pakaian yang ketat.

Baca lagi:Anti Kambuh, Inilah 8 Obat Herbal untuk Asam Lambung yang Bermanfaat Buat Penyakit GERD

Asupan sayuran tetap harus dijaga ya bagi penderita asam lambung. Banyak sayuran lainnya yang aman untuk penderita asam lambung, seperti bayam, kangkung, timun, selada, dan seledri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: