Takaran Pas Ternyata Tak Cukup, Ini 7 Rahasia Membuat Bolu Pisang Panggang Lembut dan Empuk, Begini Triknya!

Takaran Pas Ternyata Tak Cukup, Ini 7 Rahasia Membuat Bolu Pisang Panggang Lembut dan Empuk, Begini Triknya!

Takaran Pas Ternyata Tak Cukup, Inilah 7 Rahasia Membuat Bolu Pisang Panggang Lembut dan Empuk, Ini Triknya!-https://shopee.co.id/-

BACA JUGA:Inilah 6 Resep Pisang Ambon yang Jadi Favorit Anak-Anak Hingga Dewasa, Jadiin Ide Jualan Aja Pasti pada Suka!

BACA JUGA:Laris Manis Meski Modal Minimalis, Inilah 6 Ide Jualan Olahan Pisang Paling Sederhana Cuma Pakai 3 Bahan Saja!

3. Adonan kental berjejak

Ketika mengocok adonan, pastikan kocok  adonan hingga kental berjejak. Karena tekstur seperti ini membantu menghasilkan bolu pisang panggang mengembang dan empuk.

Adonan kental berjejak dapat ditandai dengan adonan yang membentuk jejak pita pada mata mixer ketika diangkat. 

Atau dapat juga dengan memasukkan jari tangan bersih ke dalam adonan, lalu arahkan jari tangan ke atas. Jika adonan berjejak dan tidak jatuh artinya tekstur adonan sudah sesuai.

Selanjutnya pada saat menuangkan adonan ke loyang, pastikan agar permukaannya rata. Kamu dapat mencoba untuk menghentakkan loyang sebelum dimasukkan ke oven. 

Menghentakkan loyang juga bertujuan untuk menghilangkan gelembung udara atau buih dalam adonan yang memicu bolu menjadi kosong.

4. Gunakan metode double boiler ketika melelehkan margarin

Ketika melelehkan margarin, terapkan metode double boiler. Metode ini dilakukan dengan cara meletakkan margarin pada wadah kemudian lelehkan di atas panci yang berisi air panas atau lebih dikenal dengan cara tim.

Selanjutnya pastikan ketika menuangkannya ke dalam adonan, margarin cair masih dalam keadaan hangat. Teknik ini dapat membantu membuat bolu pisang panggang menghasilkan tekstur yang moist dan lembut.

5. Tambahkan adonan secara bertahap

Keberhasilan membuat bolu pisang panggang yang lembut dan empuk terletak pada tercampurnya adonan yang rata. Maka dari itu sangat dianjurkan untuk menuangkan adonan secara bertahap sambil diaduk.

Dalam mencampurkan kuning telur dan busa putih telur juga menjadi tahap yang menentukan, pasalnya jika tidak tercampur dengan baik atau mengaduk secara berlebihan akan membuat adonan mengandung gelombang udara atau buih sehingga bolu tidak dapat mengembang sempurna.

Adapun trik mencampurkannya yaitu masukkan sepertiga putih telur ke dalam kuning telur lalu aduk hingga tercampur rata. Hal ini membuat adonan menjadi tertempa sehingga akan mudah ketika dicampurkan dengan putih telur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: cara-membuat-bolu-panggang-lembut-dan-mengembang-beserta-tipsnya-cocok-buat-pemula-2211105.html