Rendah Purin, 5 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Lauk Pauk dan Sayuran yang Membantu Mengurangi Asam Urat

Rendah Purin, 5 Makanan untuk Penderita Asam Urat, Lauk Pauk dan Sayuran yang Membantu Mengurangi Asam Urat

Makanan untuk Penderita Asam Urat--Youtube.com/Permana Cuy

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini makanan untuk penderita asam urat yang dapat dikonsumsi untuk meredakan penyakitnya.

Asam urat disebabkan oleh makan banyak makanan yang mengandung purin. Asam urat terbentuk ketika tubuh memecah purin yang terkandung dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Hasil pemecahan purin dari makanan akan dikombinasikan dengan zat purin yang diproduksi oleh tubuh secara alami, sehingga kadar asam urat akan meningkat.

Menurut laporan dari situs web Kementerian Kesehatan, asam urat, juga disebut asam urat, adalah jenis penyakit radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat.

Kondisi ini dapat terjadi pada banyak persendian seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut dan paling sering pada jempol kaki. Kandungan asam urat normal pada pria berkisar antara 3,4 hingga 7,0 mg / dl.

Sedangkan nilai normal asam urat pada wanita berada pada kisaran 2,4-6,0 mg / dl. Kemudian, nilai asam urat pada anak adalah 2,0-5,5 mg / dl.

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh mampu menyebabkan terbentuknya kristal pada persendian. Saat asam urat menyerang, aktivitas pasien bisa ditekan..

Oleh karena itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari atau membatasi konsumsi makanan dengan kandungan purin yang tinggi di dalam tubuhnya.

Contoh makanan dengan kandungan purin tinggi adalah jeroan, daging merah, seafood, makanan dan minuman bergula.

Untuk mengganti produk yang mengandung purin tersebut, Simak dibawah ini jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh penderita asam urat diberikan.

BACA JUGA:Yuk Lakukan 5 Jenis Olahraga untuk Penderita Asam Urat Ini, Bantu Proses Penyembuhan dan Kontrol Berat Badan

BACA JUGA:Apakah Boleh Penderita Asam Urat Tetap Berolahraga untuk Menjaga Berat Badan? Simak Penjelasannya di Sini

1. Ikan salmon

Salmon merupakan ikan dengan kandungan purin yang rendah. Ikan ini menjadi salah satu lauk pauk yang tepat untuk penderita asam urat, karena ikan salmon mengandung lemak omega-3 yang dapat membantu meredakan peradangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: