5 Manfaat Komunikasi yang Sehat Ini Bantu Kamu Menciptakan Hubungan Harmonis

5 Manfaat Komunikasi yang Sehat Ini Bantu Kamu Menciptakan Hubungan Harmonis

Manfaat komunikasi yang sehat--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Tidak hanya sebatas berfungsi membantu manusia dalam bersosialisasi, manfaat komunikasi yang sehat juga berdampak besar pada terciptanya hubungan yang harmonis.

Tanda dari suatu hubungan yang sehat dan harmonis adalah adanya perasaan nyaman, kejujuran, saling percaya, serta saling mendukung antara satu dengan yang lainnya. Sedankan hal tersebut tidak akan bisa terwujud tanpa adanya komunikasi yang sehat.

Komunikasi dibutuhkan oleh setiap pasangan agar bisa memiliki hubungan yang berkualias. Sebab, manfaat komunikasi yang sehat sangat berpengaruh besar pada terciptanya hubungan yang jauh dari kecurigaan, kesalahpahaman, dan konflik atau bahkan kecemburuan dalam hubungan romantis.

Agar kamu tahu apa saja manfaat komunikasi yang sehat dalam hubungan, kamu bisa menyimak poin di bawah ini dan menjadikannya pertimbangan untuk selalu menjaga kualitas komunikasimu dalam hubungan yang kamu jalin dengan orang lain.

BACA JUGA 5 Tips Membaca Bahasa Tubuh Saat Berkomunikasi, Cara Memahami Orang Lain Secara Mendalam!

Menghindari Kesalahpahaman

Memang, salah paham merupakan hal yang lumrah terjadi. Akan tetapi, ini tidak bisa disepelekan karena kehadirannya bisa menjadi pemicu konflik yang besar.

Kesalahpahaman perlu segera diatasi, sehingga tidak ada perasaan mengganjal di antara orang yang mengalaminya.

Sebenarnya, kesalahpahaman terjadi karena adanya ketidaksesuaian satu orang dengan orang lain dalam memaknai situasi atau pesan tertentu. Ini terjadi akibat komunikasi yang tidak jelas dan tuntas.

Kamu tidak bisa memandang remeh kesalahpahaman, karena tidak jarang suatu hubungan harus berakhir karena hal ini. Oleh karenanya, kamu harus menyediakan kesempatan berkomunikasi yang luas dan sehat agar kesalahpahaman bisa diatasi bahkan dicegah agar sama sekali tidak terjadi.

Memupuk Kepercayaan

Komunikasi yang sehat adalah komunikasi yang terbuka, di mana masing-masing orang di dalamnya tidak menyembunyikan apa pun dari pasangannya. Ini merupakan kunci utama dari terciptanya kepercayaan yang tinggi dalam hubungan.

Tanpa adanya rasa percaya, pasangan akan menaruh banyak kecurigaan kepada pasangannya dan itu bukanlah hal yang baik. Kecurigaan bisa memunculkan berbagai tindakan yang mengarah pada konflik.

Oleh karenanya, manfaat komunikasi yang sehat mencakup terbentuknya kepercayaan yang bai kantar-anggota dalam hubungan. Sebab, dengan komunikasi yang baik, tidak ada hal yang ditutup-tutupi dan membuat orang menjadi ragu untuk menaruh kepercayaannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: