5 Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan, Bisa Jadi Hubungan Toksik Jika Komunikasi Tidak Berjalan Baik!

5 Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan, Bisa Jadi Hubungan Toksik Jika Komunikasi Tidak Berjalan Baik!

Pentingnya komunikasi dalam hubungan--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Pentingnya komunikasi dalam hubungan tidak bisa diabaikan, karena komunikasilah yang menjembatani anggota dalam hubungan tersebut untuk menjalani kehidupan mereka yang terkait satu sama lain.

Jika orang-orang dalam hubungan tertentu telah memahami pentingnya komunikasi dalah hubungan tersebut, maka konflik serta kesalahpahaman dapat diminimalisir sehingga terciptalah hubungan yang harmonis.

Meski pada kenyataannya, tidak semua orang memahami pentingnya komunikasi dalam hubungan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya pertengkaran di lingkungan sekitar, baik dalam konteks hubungan romantis, pertemanan, hingga hubungan profesional.

Oleh karenanya, artikel ini akan menyajikanmu beberapa poin yang mencerminkan pentingnya komunikasi dalam hubungan, sehingga kamu bisa lebih menghargai keberadaan komunikasi ini dalam hubunganmu.

Penasaran apa saja poin yang menunjukkan pentingnya komunikasi dalam hubungan? Kamu akan menemukan jawabannya di artikel berikut.

BACA JUGA 4 Manfaat Komunikasi Efektif dalam Keseharian, Sangat Berguna untuk Kehidupan Sosialmu!

Mengatasi Kesalahpahaman

Komunikasi dikatakan sangat penting dalam hubungan karena ia membantu mencegah adanya kesalahpahaman. Kesalahpahaman pada dasarnya merupakan hasil dari pemikiran yang tidak sama antara satu orang dengan orang yang lain.

Masing-masing dari orang tersebut memiliki persepsinya sendiri di kepala mereka, yang kemudian memunculkan prasangka. Kesalahpahaman akan membuat orang terpecah ke dalam kubu yang berbeda akibat pemikiran mereka sendiri.

Sedangkan dengan adanya komunikasi, ketidaksesuaian pemikiran ini bisa dikompromikan. Orang bisa saling mengungkapkan pikirannya dan melakukan konfirmasi apakah pikirannya benar dan sepaham atau tidak.

Melalui proses tersebut, orang bisa memahami satu sama lain dan mengurai kesalahpahaman di antara mereka, sebab mereka telah mengetahui isi pikiran dari parternya dalam hubungan.

Mengenal Lebih dalam

Melalui komunikasi, pesan dapat disampaikan, termasuk pesan terkait siapa diri kita dan apa saja karakteristik kita. Pentingnya komunikasi dalam hubungan adalah karena komunikasi merupakan saluran utama untuk mengenal satu sama lain.

Tanpa adanya komunikasi, informasi tentang pasangan bisa jadi didapatkan dari orang lain atau sumber lain yang tidak selalu bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. Dengan begitu, orang yang berada dalam hubungan tidak memahami dengan betul siapakah partnernya ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: