Hubungan Bisa Terancam! Ini 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan LDR, Agar Terhindar dari Konflik

Hubungan Bisa Terancam! Ini 5 Alasan Pentingnya Komunikasi dalam Hubungan LDR, Agar Terhindar dari Konflik

Alasan pentingnya komunikasi dalam hubungan LDR--freepik.com

Selain itu, komunikasi yang baik juga bisa meminimalisir terjadinya konflik, yang dapat menjadi penyebab terjadinya hal yang buruk untuk hubungan percintaan.

Menjaga Kepercayaan

Rasa percaya bisa terbangun jika ada keterbukaan antara satu sama lain. Ketika berada jauh dari pasanganmu, keterbukaan hanya bisa dilakukan jika kamu mengembangkan komunikasi yang transparan tanpa menutup-nutupi apa pun, baik kegiatan, perasaan, atau masalah yang sedang kamu hadapi.

Kepercayaan menjadi lebih sulit untuk dijaga ketika kamu sedang jauh dengan pasanganmu. Berbagai prasangka bisa saja muncul, terlebih dengan persepsi bahwa kalian tidak bisa saling mengawasi satu sama lain.

Oleh karenanya, alasan pentingnya komunikasi dalam hubungan LDR adalah untuk membuat kepercayaan tetap terjaga. Kamu harus bisa melaungkan waktu untuk saling berbicara.

Sebaliknya, kamu juga harus mengungkapkan dengan gamblang bahwa kamu ingin agar dia meluangkan waktu pula untuk berbicara denganmu.

Walaupun hanya sekadar memberitahukan kegiatanmu hari ini, itu bisa membuatnya tenang dan tak berpikir negatif tentang dirimu.

Kamu juga harus jujur dan terbuka saat dia menanyakan sesuatu hal tentang dirimu, agar kalian bisa mengetahui kabar masing-masing dan saling memahami.

Mengurangi Rasa Bosan dan Jenuh

Dengan kalian yang tidak bisa ada untuk satu sama lain setiap waktu, rasa jenuh dan bosan terhadap hubungan bisa hadir kapan saja. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu membangun kebiasaan komunikasi yang intens dengan pasanganmu. 

Pastikan kalian bisa menghabiskan waktu bersama sehingga kalian tidak merasa bahwa hubungan ini sia-sia karena tidak ada interaksi apa pun di dalamnya.

Untuk membunuh kejenuhan, kamu dan pasangan bisa membicarakan momen-momen membahagiakan atau bertukar cerita tentang masa lalu yang mengesankan. Itulah salah satu alasan pentingnya komunikasi dalam hubungan LDR.

BACA JUGA 4 Tips Meningkatkan Kecerdasan Sosial dengan Komunikasi, Bantu Miliki Hubungan yang Intens dan Lebih Sehat

Mencegah Terjadinya Lost Contact

Akan sangat berbahaya jika kamu dan pasangan kehilangan kontak, di mana kalian tidak bisa segera mendatangi keberadaan satu sama lain. Oleh karenanya, yang kalian butuhkan agar hal ini tidak terjadi adalah komunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: