Stop Ngerasa Nggak Enakan! Ini 7 Cara Meningkatkan Komunikasi Asertif Agar Bisa Tegas dan Teguh Pendirian

Stop Ngerasa Nggak Enakan! Ini 7 Cara Meningkatkan Komunikasi Asertif Agar Bisa Tegas dan Teguh Pendirian

Cara meningkatkan komunikasi asertif--freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWWAY.ID – Dalam kehidupan sosial, kamu perlu mengetahui cara meningkatkan komunikasi asertif agar bisa secara tegas mempertahankan hakmu tanpa menyakiti orang lain.

Pada dasarnya, prinsip komunikasi asertif adalah ketegasan. Akan tetapi, ini berbeda dengan sifat agresif yang cenderung ingin menang sendiri dan mengabaikan lawan bicara. 

Komunikasi asertif lebih berfokus pada pengungkapan sesuatu secara tegas dan jujur tanpa membuat orang lain tidak memiliki ruang untuk mengutarakan pendapatnya.

Mempraktikkan komunikasi asertif dapat membuatmu memperoleh berbagai keuntungan, mulai dari mempertahankan hakmu, menyelesaikan konflik dengan orang lain, hingga meningkatkan kepercayaan orang lain kepada dirimu.

Meski pada kenyataannya, kamu mungkin kesulitan mempraktikkan komunikasi ini pada awalnya, terlebih jika kamu merupakan seseorang yang tidak enakan.

Oleh karenanya, kamu perlu mempraktikkan cara meningkatkan komunikasi asertif di bawah untuk bisa bersikap tegas dan mendapatkan berbagai manfaat.

Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA Bahasa Tubuh yang Sopan untuk 5 Situasi Komunikasi Berbeda, Mulai dari Kenalan Hingga Perpisahan!

Berani Menyampaikan Pendapat

Kunci dari cara meningkatkan komunikasi asertif adalah berani untuk menyampaikan apa yang kamu rasakan atau pikirkan. Ketika kamu tidak sependapat dengan seseorang, maka kamu perlu menyuarakannya. Begitupun sebaliknya.

Namun, kamu perlu mengingat bahwa yang harus kamu lakukan adalah menyampaikan, bukan memaksakan pendapatmu.

Hargai Orang Lain

Bersikap tegas bukan berarti bahwa kamu hanya mementingkan pendapatmu saja, tetapi juga menghargai orang lain atas haknya dalam berkomunikasi. Kamu perlu mengindari sifat keras kepala, karena itu justru akan membuatmu terlihat agresif dibandingkan asertif.

Kurangi Perasaan Bersalah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: