6 Masalah dalam Hubungan Akibat Komunikasi yang Buruk, Bisa Berujung pada Keretakan Hubungan!

6 Masalah dalam Hubungan Akibat Komunikasi yang Buruk, Bisa Berujung pada Keretakan Hubungan!

Masalah dalam hubungan akibat komunikasi yang buruk--freepik.com

Salah satu kesalahan besar yang bisa membuat perceraian terjadi akibat buruknya komunikasi adalah keputusan untuk memberikan silent treatment. Itu berarti di mana kamu bermaksud untuk menghukum pasanganmu dengan cara mendiamkan mereka.

Padahal, silent treatment merupakan bentuk penutupan segala alur komunikasi yang membuat persoalan tidak kunjung bisa diselesaikan.

Akhirnya, kalian berdua meledak dan tidak bisa lagi mempertahankan hubungan.

Saling Menyakiti

Komunikasi yang buruk juga berupa ucapan yang kasar, sering membentak, hingga menyalahkan pasangan untuk apa yang tidak dia lakukan. Hal ini bisa menyebabkan hati pasangan tersakiti.

Jika sudah terjadi, maka kamu harus menghadapi masalah dalam hubungan akibat komunikasi yang buruk di mana kamu tidak bisa menjadikan hubungan sebagai tempat di mana kalian bisa saling menyayangi dan menjaga hati satu sama lain.

Terkendalanya Pengelolaan Keuangan

Terlebih jika kamu merupakan pasangan menikah, masalah dalam hubungan akibat komunikasi yang buruk bisa berbentuk pengelolaan keuangan yang berantakan.

Kamu dan pasangan bisa jadi tidak transparan tentang pengeluaran dan pemasukan kalian. Akibatnya, kalian tidak bisa mengelola keuangan dengan baik.

Ketidakterbukaan komunikasi juga memungkinkan situasi di mana keputusan pengeluaran tidak didiskusikan bersama dan berakibat fatal pada kondisi keuangan bersama.

Menciptakan Perasaan Tertekan

Komunikasi yang buruk tidak juga berarti tidak memberikan ruang kepada satu sama lain untuk mengungkapkan perasaan dan permasalahan yang dihadapi.

Oleh karenanya, orang tidak memiliki tempat berdiskusi atau sekadar berkeluh kesah tentang pikiran dan permasalahannya.

Mereka cenderung memendam dan ini akan menjadi masalah dalam hubungan akibat komunikasi yang buruk cukup fatal. Tekanan berlebihan bisa membuat kondisi emosional seseorang terganggu dan berdampak luas pada kehidupan sehari-hari termasuk kepada pekerjaan.

BACA JUGA 4 Tipe Komunikasi untuk Karier yang Cemerlang! Kesuksesanmu Akan Melejit Jika Kamu Menguasainya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: