Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Dampingi Pj Gubernur Serahkan Bantuan Pemprov Jateng

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq Dampingi Pj Gubernur Serahkan Bantuan Pemprov Jateng

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bupati Pekalongan Fadia Arafiq mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, menyerahkan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemrov Jateng) kepada Pemerintah Kabupaten Pekalongan (Pemkab Pekalongan). 

Acara yang berlangsung di Aula Lantai I Setda Kabupaten Pekalongan pada Selasa 30 Januari 2024 itu dihadiri oleh unsur Forkopimda, Sekda Kabupaten Pekalongan, Staff Ahli, Para Asisten Sekda, Para Kepala OPD, Para Direktur Rumah Sakit, serta Para Camat, dan Lurah.

Bantuan diserahkan untuk sejumlah sektor, antara lain Sarana Prasarana Infrastruktur Jalan, Keuangan Pemerintah Desa untuk Peningkatan Sarana dan Prasana Pedesaan dan bantuan TMMD, Penanggulangan Masalah Gizi (PMG), RTLH sebanyak 552 unit, Bansos Penyaluran Stimulan Pembangunan Rumah sebanyak 66 unit, Bantuan Sosial Kartu Jateng Sejahtera, Bantuan Sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) untuk 10 Kelompok, Hibah bidang kesejahteraan sosial untuk Karang Taruna, dan Bantuan Pengembangan Desa Wisata.

Selain itu, Pj Gubernur Jateng juga menyerahkan bantuan kepada MTs Muhammadiyah Darussalam Talun, MTs Muhammadiyah Kajen, RA Muslimat NU Masyitoh 18 Bandengan, serta berbagai bantuan lainnya seperti sambungan listrik, pembangunan digester, hibah huller dan puller Poktan Tani Maju Desa Bantarkulon Kecamatan Lebakbarang, pupuk ZA, benih tanaman, kopi, robusta, dan bantuan cadangan pangan Pemrov Jateng sebanyak 5 ton beras dan 2500 mie mocaf kepada Kecamatan Kandangserang. 

Selain itu, ada bantuan cadangan pangan Pemrov Jawa Tengah berupa 4 ton beras dan 2000 bungkus mie mocaf kepada Kecamatan Kesesi, serta 1 ton beras dan 500 bungkus mie mocaf kepada Kecamatan Kajen.

Dalam pernyataannya, Pj Gubernur Nana Sudjana mengungkapkan bahwa total dana bantuan yang disalurkan untuk Kabupaten Pekalongan mencapai lebih dari 79 Miliar Rupiah. Dari jumlah tersebut, sekitar 25,5 miliar rupiah dialokasikan untuk bantuan keuangan sarana dan prasarana desa, dengan setiap desa mendapatkan alokasi sebesar 200 juta rupiah. 

“Dana ini diharapkan dapat dikelola melalui partisipasi aktif masyarakat untuk pembangunan, termasuk penggunaan untuk sarana jalan, jembatan, dan perbaikan lainnya sesuai dengan prioritas masing-masing desa,“ ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Pekalongan, Fadia Arafiq dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur dan Pemrov Jateng atas berbagai bantuan yang telah disalurkan. 

"Ini merupakan bentuk perhatian luar biasa dari Bapak Pj Gubernur kepada Jawa Tengah khususnya kepada Kabupaten Pekalongan. Dan penyerahan ini adalah berkat komunikasi yang baik dan kepedulian Bapak Pj Gubernur terhadap Kabupaten Pekalongan, sehingga Kabupaten Pekalongan bisa menerima banyak bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," ungkap Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: