Menu Variasi Olahan Singkong dengan Ciri Khas Jawa Tengah, Resep kue Sengkulun Singkong Bikin Ketagihan

Menu Variasi Olahan Singkong dengan Ciri Khas Jawa Tengah, Resep kue Sengkulun Singkong Bikin Ketagihan

Menu Variasi Olahan Singkong dengan Ciri Khas Jawa Tengah, Resep kue Sengkulun Singkong Bikin Ketagihan-Youtube.com/Santo Sapi-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Menu variasi olahan singkong dengan ciri khas Jawa Tengah, resep kue sengkulun singkong bikin ketagihan. Penasaran, kan?

Singkong merupakan salah satu bahan makanan asli Indonesia yang kaya akan karbohidrat. Singkong termasuk dalam tanaman perdu yang umbinya dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan pokok dan daunnya sebagai sayuran bergizi.

Cara mengkonsumsi singkong sangatlah beragam, umumnya dengan cara dikukus atau digoreng. Bahan makanan ini biasa dikenal dengan ubi kayu. Selain mudah didapat, harga singkong sangatlah murah. Tak heran jika kini banyak sekali aneka olahan dari singkong.

Kue sengkulun merupakan variasi lezat dari salah satu kue  tradisional nusantara khususnya khas jawa Tengah yang biasanya terbuat dari tepung beras ketan putih dan kelapa parut.. Kue ini sangat cocok dijadikan camilan ketika bersantai, apalagi rasanya enak, lembut dan gurih.

BACA JUGA:Olahan dari Ubi: Resep Bubur Sumsum Candil Gurih Manis, Cocok Untuk Ide Jualan dengan Modal Kecil

BACA JUGA:Inilah 3 Inspirasi Resep Olahan Buah Segar Jadi Camilan Dingin, yang Siap Segarkan Panasnys Siang

Kue sengkulun berasal dari Jawa Tengah tepatnya dari Purworejo memiliki warna merah putih, namun ada juga kue sengkulun Betawi dan kue sengkulun Bangka.

Kue sengkulun atau yang sering juga disebut Sengkulun (Jepara), Kue Jando Berias (Palembang), atau Sengkulun (Bangka) merupakan kue yang mirip kue keranjang dengan permukaan berbintil kasar, tekstur lunak, kenyal, dan lembut. 

Kue ini diakui di berbagai daerah, seperti Betawi, Jepara, Demak, dengan pengaruh budaya Cina. Namun daerah lainnya juga mempunyai resep sengkulun dengan berbagai variasi bahan. Proses pembuatan kue sengkulun ini dengan cara dikukus dalam waktu sekitar 2 jam, dan dimakan dengan kelapa parut.

Kue sengkulun terbuat dari bahan dasar singkong yang dilengkapi dengan santan yang kaya akan nutrisi. Selain karbohidrat, singkong kaya akan  protein, serat, kalium, kalsium, folat, vitamin B, mineral, vitamin C dan vitamin A.

BACA JUGA:Resep Martabak Tahu Pedas Ala Chef Devina Hermawan yang Lezat dan Gurih, Cocok Jadi Camilan di Rumah!

BACA JUGA:Modal Kecil! Inilah 3 Resep Kreasi Pangsit Goreng, Camilan yang Cocok Jadi Ide Jualan Cuma 1000an

Singkong juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh antara lain: menambah energi, sumber serat dan karbohidrat kompleks, antioksidan yang baik, dan membantu mengontrol gula darah.

Kelapa muda mengandung berbagai nutrisi seperti energi, kalori, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, natrium dan kalium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.idntimes.com/food/recipe/fatma-roisatin-nadhiroh/resep-kue-sengkulun-c1c2