Inilah 7 Jenis Kue Mangkok Sajian Perayaan Imlek yang Lembut dan Harum, Lengkap dengan Tips Membuatnya!

Inilah 7 Jenis Kue Mangkok Sajian Perayaan Imlek yang Lembut dan Harum, Lengkap dengan Tips Membuatnya!

Inilah 7 Jenis Kue Mangkok Sajian Perayaan Imlek yang Lembut dan Harum, Lengkap dengan Tips Membuatnya!-Youtube.com/Kompas.com-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Inilah 7 jenis kue mangkok sajian perayaan Imlek yang lembut dan harum, lengkap dengan tips membuatnya! Penasaran gimana caranya? Yuk, let’s go!!

Sebentar lagi, masyarakat Tionghoa di seluruh dunia akan merayakan  Imlek yang jatuh pada tanggal 10 Februari 2024. Perayaan Imlek merupakan momen kumpul bersama keluarga maupun orang tercinta dan biasanya disertai dengan berbagai tradisi unik.

Perayaan Imlek di Indonesia identik dengan salah satu jamuan atau sajian khasnya, yaitu kue mangkok. Dalam tradisinya, terdapat tujuh jenis kue mangkok yang bisa menjadi sajian untuk para tamu yang berkunjung.

Selain enak, kue mangkok ini juga termasuk sajian favorit untuk merayakan Imlek bersama keluarga karena cara pembuatannya tidak begitu sulit. Kue ini adalah salah satu jenis camilan tradisional yang diminati semua kalangan tak hanya masyarakat Tionghoa. 

BACA JUGA:Inilah 7 Buah yang Wajib Ada di Perayaan Imlek, Diyakini Bisa Mendatangkan Keberuntungan dan Kekayaan

BACA JUGA:Olahan Singkong: Resep Kroket Singkong Isi Ayam dan Sayuran, Camilan Enak yang Banyak Disukai Karena Gurihnya

Berdasarkan sejarahnya, kue mangkok ini pertama kali diperkenalkan oleh imigran asal Tiongkok Selatan. Saat itu, kue ini dikenal dengan nama huat kue atau fa gao. 

Sekilas kue ini memiliki bentuk yang terlihat sama dengan cupcake. Namun, kue mangkok terlihat lebih mencolok karena berwarna cerah seperti merah, hijau, putih, ungu dan sebagainya. Sedangkan, teksturnya kue ini sangat lembut saat digigit.

Kue mangkok sering dihidangkan dalam beberapa acara seperti saat pertemuan keluarga hingga perayaan Hari Raya Imlek. 

Kue bercita rasa manis ini terbuat dari bahan dasar tepung beras. Konon, mereka  percaya bahwa semakin banyak kelopak  kue mangkok yang dimakan saat Imlek, maka tahun tersebut akan penuh dengan keberuntungan.

BACA JUGA:Inilah 7 Kue Khas Imlek yang Harus Ada Saat Perayaan, Dipercaya Bisa Mendatangkan Keberuntungan

BACA JUGA:Olahan dari Ubi: Resep Bola Ubi Thailand, Camilan Kenyal, Manis dan Gurih yang Cocok Jadi Ide Jualan

Ketika perayaan Imlek, kue mangkok umumnya diletakan paling atas saat menyusun kue keranjang. Untuk cara membuatnya pun tidak sulit dan bisa ditiru di rumah.

Di Indonesia, pembuatan kue ini menggunakan bahan lokal yaitu tape singkong sebagai bahan campuran yang memberikan rasa khas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.kompas.com/food/read/2022/01/30/141700775/7-resep-kue-mangkok-untuk-perayaan-imlek-mudah-diikuti