Kaidah Rezeki Ibnu Qoyyim: Kalau Satu Pintu Rezeki Ditutup, Akan Dibuka Pintu Rezeki yang Lain

Kaidah Rezeki Ibnu Qoyyim: Kalau Satu Pintu Rezeki Ditutup, Akan Dibuka Pintu Rezeki yang Lain

Ilustrasi rezeki.-Tangkapan layar freepik.com-

Baca juga:10 Amalan Pembuka Rezeki Menurut Alquran dan Hadist, Jalankan agar Rezeki Datang dari Arah Tak Disangka

Oleh karena itu, tak perlu resah dan jika salah satu pintu rezeki ditutup. Pasalnya, jika satu pintu rezeki ditutup, akan dibukakan pintu rezeki yang lain. Karena rezeki itu sudah dijamin oleh Allah.

Dalilnya, hadist dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda, "Wahai umat manusia, bertakwalah engkau kepada Allah. Dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki, karena sesungguhnya tidaklah seorang hamba akan mati, hingga ia benar-benar telah mengenyam seluruh rezekinya, walaupun terlambat datangnya. Maka bertakwalah kepada Allah, dan tempuhlah jalan yang baik dalam mencari rezeki. Tempuhlah jalan-jalan mencari rezeki yang halal dan tinggalkan yang haram." (HR Ibnu Majah).

Dalil yang menunjukkan rezeki tak akan habis hingga ajal menjemput ialah hadist dari Ibnu Mas’ud radhiyallahu anhu, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

"Sesungguhnya ruh kudus (Jibril), telah membisikkan ke dalam batinku bahwa setiap jiwa tidak akan mati sampai sempurna ajalnya dan dia habiskan semua jatah rezekinya. Karena itu, bertakwalah kepada Allah dan perbaguslah cara dalam mengais rezeki. Jangan sampai tertundanya rezeki mendorong kalian untuk mencarinya dengan cara bermaksiat kepada Allah. Karena rezeki di sisi Allah tidak akan diperoleh kecuali dengan taat kepada-Nya." (HR. Musnad Ibnu Abi Syaibah).

Baca lagi:6 Amalan Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Sunnah

Dalam hadits di atas, ditegaskan bahwa kita diperintah untuk mencari rezeki dengan cara yang baik. Jangan berputus asa ketika belum mendapatkan rezeki yang halal, sehingga menempuh cara dengan maksiat pada Allah untuk memperoleh rezeki.

Jangan sampai engkau mencelakakan dirimu untuk sekedar meraih rezeki. Semoga Allah senantiasa memberikan keberkahan rezeki pada kita semua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: