Sambut Imlek, Warga Bersihkan Arca Dewa dan Altar di Klenteng Po An Thian Pekalongan

Sambut Imlek, Warga Bersihkan Arca Dewa dan Altar di Klenteng Po An Thian Pekalongan

Menyambut Tahun Baru Imlek 2575/4722, warga membersihkan arca dewa dewi dan altar di TITD Klenteng Po An Thian, Kota Pekalongan, Minggu, 4 Februari 2024.-Wahyu Hidayat/Radar Pekalongan-

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2575 Kongzili/4722 Huangli, warga keturunan Tionghoa membersihkan arca atau patung dewa-dewi dan altar di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Klenteng Po An Thian Pekalongan, Jalan Blimbing, Kota Pekalongan, pada Minggu, 4 Februari 2024.

Setidaknya ada 100 arca para dewa atau para shin beng yang dibersihkan oleh warga bersama pengurus klenteng Po An Thian. Kegiatan ini sendiri dimulai sejak pukul 07.00 sampai sore hari.

Warga bergotong royong membersihkan patung-patung dewa-dewi dan beberapa altar yang ada di Klenteng Po An Thian tersebut.

Humas Klenteng Po An Thian Pekalongan, Wisnu Budiarto, menjelaskan bahwa kegiatan bersih-bersih arca dan altar tersebut rutin dilakukan menjelang Tahun Baru Imlek.

BACA JUGA:Sambut Imlek, Warga Tionghoa Kerja Bakti Bersihkan Klenteng

BACA JUGA:Resep Kue Mangkok Sajian Perayaan Imlek yang Lembut dan Harum , Bahan Sederhana Cukup Dikukus Sebentar

"Jadi, memang kita membersihkan altar dari Para Dewa dan Dewi, agar bisa menyambut Tahun Baru Imlek dengan sinar terang dari Para Suci," jelasnya.

Bersih-bersih altar dan arca diikuti oleh kurang lebih 30 orang umat dan pengurus, terdiri dari kalangan muda-mudi, ibu-ibu, dan bapak-bapak. Para umat dan pengurus yang mengikuti gotong royong ini juga melakukan vegetarian sebagai bentuk membersihkan diri. 

Wisnu menambahkan bahwa acara gotong royong membersihkan altar dan arca dari para Dewa Dewi juga merupakan simbol bahwa sebelum memasuki Tahun Baru Imlek, umat juga harus masuk dengan diri yang bersih. 

BACA JUGA:Meriah! Kirab Akbar Ritual dan Budaya 5 Tahun Sekali Po An Thian

"Maka dari itu, diharapkan ketika para umat dan pengurus sedang mencuci atau membersihkan altar dan arca, juga membersihkan dan mencuci hati," imbuhnya. (way)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: