Bus Pekalongan-Kalibening Terjebak Longsor di Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Bus Pekalongan-Kalibening Terjebak Longsor di Paninggaran Kabupaten Pekalongan

Bus jurusan Pekalongan-Kalibening terjebak longsor di Paninggaran Kabupaten Pekalongan.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bus umum jurusan Pekalongan-Kalibening (Banjarnegara) terjebak longsor di Jalan Raya Paninggaran, Kabupaten Pekalongan, Minggu sore, 4 Februari 2024.

Kepala Desa Paninggaran Rusdiyono, mengatakan, saat longsor terjadi di Jalan Raya Paninggaran, ada bus yang terjebak di lokasi longsor. Namun, kata dia, seluruh penumpang, sopir dan busnya aman.

"Bus sudah aman mas. Alhamdulillah tidak ada kerugian dari bus maupun penumpang. Bus kemungkinan menghindari longsor malah terjebak," kata Kepala Desa Paninggaran, Rusdiyono, Minggu petang.

Disebutkan, alat berat sudah dikirimkan BPBD Kabupaten Pekalongan ke lokasi longsor. Longsor yang sempat menutup badan jalan jalur provinsi inipun sudah bisa dibersihkan. Akses transportasi pun sudah kembali pulih.

Baca juga:Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor, Sekolah dan Rumah Warga Rusak

Jalur provinsi yang merupakan akses utama Kabupaten Pekalongan ke Kabupaten Banjarnegara Minggu petang tadi sudah bisa dilalui kembali paska tebing longsor menutup badan jalan. 

Berkat kerja keras warga, relawan BPBD, PMI, TNI dan Polri, serta diperkuat dengan didatangkannya alat berat milik Bina Marga Provinsi Jawa Tengah, material longsor berupa tanah, rumpun bambu dan pohon yang menutup badan jalan bisa dibersihkan.

Kasat Lantas Polres Pekalongan, AKP Joko Supriyanto, Minggu petang, membenarkan arus kendaraan di jalur provinsi Kabupaten Pekalongan-Banjarnegara di wilayah Paninggaran telah bisa dilalui, meskipun dengan sistem bergantian. 

Menurutnya, kondisi lokasi masih hujan lebat. Petugas gabungan masih bekerja maksimal membersihkan sisa material longsor.

Baca lagi:Bersihkan Longsor di Jalur Paninggaran, BPBD Kabupaten Pekalongan Terjunkan Alat Berat

"Kendaraan saat ini sudah bisa melintasi jalur Paninggaran setelah material longsor dibersihkan dengan alat berat, meskipun masih bergantian. Masih satu arah. Petugas juga masih membersihkan material longsor lainnya,” ungkap Joko Supriyanto.

Ditanya bus yang terjebak longsor, Joko menambahkan, bus trayek Pekalongan - Kalibening (Banjarnegara) tersebut sudah aman. Semua penumpang dan awak bus selamat. Bahkan, badan bus juga aman. Material bus hanya mengenai roda bus.

“Bus aman semuanya termasuk penumpang. Sudah melanjutkan perjalanan tadi,” ucapnya.

Ia mengimbau pada pengguna jalan untuk senantiasa berhati-hati di jalan, dengan intensitas hujan yang masih tinggi, lebih-lebih saat melintas di lokasi rawan longsor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: