Bersihkan Longsor di Jalur Paninggaran, BPBD Kabupaten Pekalongan Terjunkan Alat Berat

Bersihkan Longsor di Jalur Paninggaran, BPBD Kabupaten Pekalongan Terjunkan Alat Berat

BPBD Kabupaten Pekalongan terjunkan alat berat untuk membuka akses di jalur Paninggaran yang tertutup longsor.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Untuk membuka akses jalur provinsi di ruas Kabupaten Pekalongan-Banjarnegara di Jalan Raya Paninggaran yang tertutup material longsor, BPBD Kabupaten Pekalongan terjunkan alat berat milik Binas Marga Provinsi Jawa Tengah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, Minggu, 4 Februari 2024, membenarkan adanya kejadian longsor di beberapa titik di Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan.

Salah satunya tebing longsor menutup akses jalan utama yang menghubungan Kabupaten Pekalongan dengan Banjarnegara di Jalan Raya Paninggaran. 

"Kami informasikan alat berat dari DPU provinsi, yang berada di Desa Bebel, Kecamatan Wiradesa, sudah ke lokasi longsor. Dan petang ini jalan sudah bisa dilalui kembali," katanya.

Baca juga:Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor, Sekolah dan Rumah Warga Rusak

Pengurus PMI Kabupaten Pekalongan Bambang Sudjatmiko mengatakan, ada empat titik longsor di Kecamatan Paninggaran. Diantaranya, di Dukuh Sikawat Desa Domiyang, longsor di sebelah utara Kecamatan Paninggaran, dan longsor di Desa Paninggaran.

Selain tebing longsor menutup jalan raya, tanah longsor juga menimpa rumah warga. Yakni tanah longsor menimpa rumah warga di RT 2, Dukuh Madendo, Desa Domiyang. 

Longsor juga terjadi di Desa Winduaji, yakni di Dukuh Plumbon RT 2 RW 3 hingga longsor menimpa rumah warga. Longsor di Desa Krandegan juga menimpa rumah warga.

"Tidak hanya itu, ada bus juga yang terjebak longsoran di Jalan Raya Paninggaran," ujarnya.

Bambang mengungkapkan, saat ini relawan PMI dan BPBD sedang meluncur ke lokasi tanah longsor. 

Baca lagi:2 Rumah Warga di Desa Depok Kabupaten Pekalongan Rusak Dihajar Longsor

"Di lokasi sudah ada beberapa relawan lainnya, dibantu dengan TNI, Polri dan masyarakat setempat untuk membersihkan longsoran menggunakan alat seadanya," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: