Longsor Tutup Jalan Utama di Paninggaran Pekalongan, Ini Gerak Cepat Babinsa Paninggaran Bersama Masyarakat

Longsor Tutup Jalan Utama di Paninggaran Pekalongan, Ini Gerak Cepat Babinsa Paninggaran Bersama Masyarakat

Warga bersama babinsa Paninggaran dan lainnya membersihkan longsor yang menutup jalan di Jalan Raya Paninggaran.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Akibat curah hujan tinggi, tebing setinggi 15 meter longsor menutup badan jalan di ruas Jalan Raya Paninggaran di Desa Paninggaran Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan, Minggu, 4 Februari 2024.

Jalur yang tertutup longsor ini merupakan jalan provinsi yang menghubungkan Kabupaten Pekalongan dengan Kabupaten Banjarnegara.

Danramil Paninggaran Kapten Infanteri Kristanto, Senin, 5 Februari 2024, menyampaikan, tebing yang longsor itu terjadi di Dukuh Sikawat, Desa Paninggaran, Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan. Akibat longsor tersebut, jalan provinsi penghubung antar Kabupaten Pekalongan dengan Banjarnegara terputus.

"Kejadian longsor ini sekitar pukul 14.30 WIB, karena curah hujan sangat tinggi di wilayah Kecamatan Paninggaran, Kabupaten Pekalongan," kata Danramil Paninggaran Kapten Infanteri Kristanto.

Baca juga:Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor, Sekolah dan Rumah Warga Rusak

Selain jalan tertutup material longsor, ada bus jurusan Kalibening - Kajen terjebak longsor.

"Untuk lalu lintas kendaraan, sore itu dialihkan ke jalan alternatif Sembulu di Desa Paninggaran," kata dia.

Dikatakan, untuk menangani longsor di jalur itu, babinsa bersama dengan bhabinkamtibmas, relawan, BPBD, PMI, SAR Bumi Santri dan masyarakat berupaya untuk membuka jalan sembari menunggu alat berat.

"Setelah alat berat turun, pada Minggu malam jalur utama Pekalongan menuju Banjarnegara ini sudah bisa dilalui lagi," kata dia.

Ia mengimbau kepada masyarakat yang melintasi jalur Kajen - Paninggaran, tepatnya di titik longsoran itu untuk berhati-hati. Pasalnya, sisa-sisa tanah bekas longsoran masih banyak berada di jalan. Sehingga jalanan menjadi licin.

"Jika tidak berhati-hati, naik motor bisa terjatuh karena jalan licin," ujar dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: