5 Kendala Komunikasi dengan Pasangan yang Membuat Kurangnya Dialog Berdua dalam Hubungan

5 Kendala Komunikasi dengan Pasangan yang Membuat Kurangnya Dialog Berdua dalam Hubungan

Kendala komunikasi dengan pasangan--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Hubungan yang seharusnya memiliki keintiman, terkadang justru dipenuhi kecanggungan dan perasaan tidak enak karena adanya kendala komunikasi dengan pasangan.

Sekilas, komunikasi merupakan hal sederhana yang bisa diprajtikkan siapa saja. Akan tetapi, ternyata persoalan komunikasi tidak sesimpel itu. Bahkan, berbagai kendala bisa saja muncul hingga membuat hubungan tidak nyaman untuk dijalani.

Kendala komunikasi dengan pasangan bisa menjelma sesuatu yang sangat rumit untuk ditangani, di mana mencari titik temu tidak bisa dilakukan dengan sepat.

Bahkan, ada beberapa kendala komunikasi dengan pasangan yang justru membuat keduanya sama-sama canggung dan tidak enak untuk mengungkapkan pikiran ataupun perasaan.

Akibatnya, komunikasi menjadi tidak lancar dan konflik bermunculan serta sulit dikendalikan.

Berikut beberapa kendala komunikasi dengan pasangan yang perlu kamu waspadai agar bisa belajar menghadapinya bersama dengan pasangan. Yuk, simak sampai akhir!

BACA JUGA 6 Cara Menciptakan Komunikasi Efektif dengan Pasangan, Jaga Hubunganmu dari Berbagai Persoalan

Tidak Enak dan Tidak Nyaman untuk Terbuka

Terkadang, orang merasa bahwa menceritakan banyak hal kepada orang lain dapat membuat orang tersebut merasa terbebani. Akibatnya, mereka justru memilih memendam dan menghindari keterbukaan komunikasi dengan pasangan.

Perasaan tidak enak atau tidak nyaman untuk berbagi dengan pasangan ini biasanya menjadi kendala komunikasi dengan pasangan yang terjadi di fase awal hubungan, di mana keduanya belum terlalu mengenal satu sama lain.

Sebenarnya, kamu tidak perlu terlalu khawatir dengan situasi ini, sebab kedekatan bisa terjalin seiring waktu. Akan tetapi, kamu juga perlu membangun kedekatan tersebut dan jangan hanya membiarkan keasingan antara kamu dan dia semakin berlarut.

Khawatir Muncul Kesalahpahaman

Menyatukan pemahaman tentang sesuatu memang tidaklah mudah. Oleh karenanya, pantas jika salah satu kendala komunikasi dengan pasangan adalah perasaan takut dan khawatir jika ada kesalahpahaman karena kegagalan dalam menyampaikan sesuatu.

Akan tetapi, kamu perlu memahami bahwa menghindari komunikasi sama sekali justru bisa memicu kesalahpahaman yang lebih besar. Sehingga, yang perlu kamu lakukan adalah berbicara dengan hati-hati dan bukannya menghindari berkomunikasi dengan pasanganmu tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: