Polres Pekalongan Siap Amankan 2.570 TPS, Terapkan Pola PAM 2:32:16

Polres Pekalongan Siap Amankan 2.570 TPS, Terapkan Pola PAM 2:32:16

Polres Pekalongan menggelar simulasi pengamanan TPS dan pengawalan kotak suara di halaman mapolres setempat, Selasa, 6 Februari 2024.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Polres Pekalongan menegaskan siap untuk mengamankan TPS dan mengawal kotak suara Pemilu 2024. Untuk pengamanan TPS, Polres Pekalongan menggunakan pola pam 2:32:16. Artinya, 2 Polri, 32 linmas, 16 TPS.

Untuk memantapkan pengamanan TPS dan pengawalan kotak suara Pemilu 2024, Polres Pekalongan menggelar apel simulasi di halaman Mapolres Pekalongan, Selasa, 6 Februari 2024. Apel kesiapan pengamanan TPS dan simulasi pengawalan kotak suara Pemilu 2024 ini dipimpin Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi. 

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi menyampaikan, Pemilu 2024 dilaksanakan secara serentak guna memilih wakil rakyat yang akan duduk di DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten/kota serta anggota DPD. Selain itu, pada pemilu tahun ini juga untuk memilih presiden dan wakil presiden periode 2024-2029.

“Jumlah TPS yang harus diamankan oleh Polres Pekalongan pada pemilu tahun 2024 ini berjumlah 2.570 TPS yang bertempat di 259 desa, 17 kecamatan yang tersebar di wilayah hukum Polres Pekalongan,” ujar Kapolres Pekalongan.

Baca Juga:Pengamanan Sortir Lipat Surat Suara Pemilu 2024, Polres Pekalongan Terjunkan Polwan

Sementara itu, dalam pengamanan TPS kali ini, Polres Pekalongan menggunakan pola pam 2:32:16. Artinya, 2 Polri, 32 linmas, 16 TPS. Dari pola tersebut, personel pengamanan TPS berjumlah 327 personel Polri yang terdiri dari 85 personel Polsek jajaran, 108 personel Polres dan 134 personel BKO dari Polda Jateng.

Dengan adanya BKO dari Polda Jateng, Kapolres Pekalongan berharap agar kegiatan pengamanan berjalan dengan baik. Untukl itu, Polres Pekalongan menggunakan sistem pendampingan. 

Selain itu, dalam mendukung pengamanan Pemilu 2024, Polres Pekalongan juga akan mendapatkan personel BKO dari TNI, khususnya dari Kodam IV Diponegoro sejumlah 90 personel yang akan ditempatkan di masing-masing Polsek jajaran.

"Oleh karena itu, diharapkan masing-masing personel pengamanan TPS mengerti dan memahami cara bertindak dalam pengamanan TPS dan pengawalan kotak suara," tegas Kapolres.

Dalam kesempatan itu, AKBP Wahyu Rohadi memberikan beberapa penekanan yang harus dipedomani guna mendukung keberhasilan pengamanan TPS. Yakni, awali setiap kegiatan dengan berdoa, jaga netralitas, dan jaga sinergitas dan soliditas dengan TNI dan stakeholder lainnya dalam pelaksanaan pengamanan pemilu agar berjalan dengan aman dan lancar.

Kapolres meminta kepada seluruh personel untuk melaksanakan tugas pengamanan secara profesional dan humanis, serta memberikan pelayanan terbaik sesuai Standar Operation Procedure (SOP). 

Usai pelaksanaan apel, dilanjutkan dengan simulasi pengamanan TPS dan pengawalan kotak suara dalam rangka persiapan pungut suara pada pemilihan umum tahun 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: