3 Rumah di Desa Depok Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor

3 Rumah di Desa Depok Kecamatan Lebakbarang Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor

Aparat gabungan TNI, Polri, kecamatan, desa dan masyarakat Dukuh Gunungsari Desa Depok Kecamatan Lebakbarang gotong-royong membersihkan material longsor yang menghajar rumah warga.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tiga rumah di Dukuh Gunungsari RT 3 RW 1 Desa Depok, Kecamatan Lebakbarang, Kabupaten Pekalongan, dihajar tanah longsor susulan, Selasa, 6 Februari 2024. Tiga rumah yang terkena longsor milik Kardi, Sugeng dan Taryono. 

Longsor di Dukuh Gunungsari sebelumnya telah terjadi pada Minggu malam, 4 Februari 2024. Longsor malam itu merusak satu rumah warga.

Pada hari Senin, 5 Februari 2024, personel gabungan TNI, Polri, kecamatan, pemerintah desa dan warga setempat melakukan pembersihan material longsor di rumah warga yang terdampak tersebut. 

Namun, akibat hujan deras yang kembali mengguyur wilayah Lebakbarang pada Selasa siang, 6 Februari 2024, longsor susulan kembali terjadi di titik yang sama di Dukuh Gunungsari tersebut. 

"Longsor banyak ini. Intensitas hujan tinggi. Salah satunya di Desa Depok," kata Camat Lebakbarang, Sri Handayani, Selasa malam.

Baca juga:2 Rumah Warga di Desa Depok Kabupaten Pekalongan Rusak Dihajar Longsor

Untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam, Camat Lebakbarang usai menghadiri acara peresmian jalan langsung kembali ke Kantor Kecamatan dan menginap di rumah dinas di Lebakbarang. 

"Hujan lebat, jalannya ekstrem jadi rencana besok pagi baru ke Desa Depok," kata dia.

Disebutkan, beberapa titik longsor yang menutup badan jalan seperti di Desa Pamutuh dan Desa Sidomulyo sudah ditangani bersama aparat gabungan dan warga desa setempat.

"Semoga malam ini aman ndak ada bencana susulan lainnya," harap dia.

Sementara itu, Danramil Lebakbarang Kapten Inf Puji Wahyono, menerangkan, pada hari Minggu malam, pukul 18.30 WIB, terjadi hujan deras, sehingga terjadi tanah longsor di Dukuh Gunungsari. Longsor ini menyebabkan tembok rumah warga jebol. 

"Material longsoran masuk ke dalam rumah milik Turin hingga rumahnya rusak berat," terang dia.

Baca lagi:Tebing 20 Meter Longsor, Babinsa Lebakbarang Bersama Masyarakat Gotong-royong Bersihkan Material longsoran

Untuk membersihkan material longsoran yang masuk ke dalam rumah korban, aparat gabungan dari Koramil Lebakbarang, Polsek Lebakbarang, pihak kecamatan dan warga bergotong-royong membersihkan material longsor pada keesokan harinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: