Tinjau Longsor di Kecamatan Paninggaran, PMI Kabupaten Pekalongan Salurkan Bantuan

Tinjau Longsor di Kecamatan Paninggaran, PMI Kabupaten Pekalongan Salurkan Bantuan

PMI Kabupaten Pekalongan tinjau lokasi terdampak longsor di Kecamatan Paninggaran dan salurkan bantuan untuk para korban.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tinjau longsor di Kecamatan Paninggaran, PMI Kabupaten Pekalongan salurkan bantuan family kit dan paket sembako kepada para korban.

Longsor terjadi di beberapa wilayah di Kecamatan Paninggaran akibat intensitas hujan tinggi yang terjadi pada hari Minggu sore, 4 Februari 2024. Longsor tersebut mengakibatkan beberapa rumah warga yang tersebar di tiga desa, yaitu Desa Winduaji, Desa Krandegan dan Desa Domiyang. 

Dari data PMI Kabupaten Pekalongan, setidaknya ada sekitar sembilan rumah warga dan satu sekolah madrasah ibtidaiyah mengalami kerusakan cukup parah akibat kejadian tanah longsor tersebut.

Salah satu korban longsor, Tarmuji, Sabtu, 10 Februari 2024, pemilik rumah dan warung di sebelah Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Desa Winduaji menuturkan, longsor terjadi begitu saja dan sangat cepat. 

Baca juga:Dihajar Tebing Longsor Setinggi 15 Meter, MI Salafiyah Desa Winduaji Kabupaten Pekalongan Rusak Parah

"Jadi awalnya niku hujan deres mas, terus tembok belakang warung saya itu jebol karena air deras dari atas kemudian beberapa saat kemudian kok tanahe ambrol," ucap Tarmuji.

Kepala Markas PMI Kabupaten Pekalongan Bambang Sujatmiko, menyebut kejadian bencana alam tanah longsor di wilayah pegunungan Kabupaten Pekalongan riskan terjadi ketika musim penghujan tiba. 

"Mitigasi pencegahan bencana dan persiapan sumber daya manusia relawan yang ada di PMI Kabupaten Pekalongan sudah kita persiapkan secara maksimal, jadi jika sewaktu- waktu terjadi bencana kita sudah siap membantu," katanya.

Bambang Sujatmiko menuturkan, PMI Kabupaten Pekalongan melalui pengurus beserta relawan PMI mengirimkan paket bantuan family kit dan sembako kepada para korban yang terdampak tanah longsor di Paninggaran. 

Baca lagi:Kecamatan Paninggaran Kabupaten Pekalongan Dihajar Longsor, Sekolah dan Rumah Warga Rusak

"Ya mas kita hari ini bersama pengurus dan para relawan mengirimkan setidaknya sembilan paket bantuan untuk para korban longsor di Kecamatan Paninggaran," ujar dia.

Bantuan itu merupakan wujud nyata implementasi program bulan dana PMI, dimana salah satu tujuan yang ingin dicapai dari bulan dana PMI adalah jika sewaktu-waktu terjadi bencana bisa dipergunakan untuk keperluan penanganan bencana tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: