itel P55 NFC Kamera Unggulan 50 MP Berbasis AI, Selfie 8 MP, Cocok Buat yang Aktif di Medsos

itel P55 NFC Kamera Unggulan 50 MP Berbasis AI, Selfie 8 MP, Cocok Buat yang Aktif di Medsos

--

Meski berada di kelas harga Rp1 jutaan, itel P55 NFC memiliki konfigurasi kamera yang cukup canggih. Terdapat dua kamera di bagian belakang dengan kamera utama 50 MP (f/1.8) berbasis AI. Kemudian kamera pendampingnya hanya ada depth 0,3 MP (f/2.4).

Kemampuan kamera utamanya ini sudah cukup baik, apalagi dalam kondisi cahaya yang terang. Hal ini berkat teknologi pixel binning atau penggabungan beberapa piksel kecil menjadi besar atau juga disebut 4-in-1 pixel binner. Penggabungan ini membuatnya mampu menangkap cahaya yang lebih banyak, minim noise, dan tajam.

Untuk perekaman videonya, tidak ada yang spesial yang coba ditawarkannya. Resolusi perekaman videonya hanya bisa 1080p dengan 30 fps saja. Tentu tidak ada OIS atau EIS karena memang harganya juga sangat murah.

Beralih ke bagian depan, itel P55 NFC memiliki kamera selfie 8 MP. Kamera ini tersimpan rapi di dalam punch hole. Meski sederhana, hasil kamera depan dan belakangnya ini sudah layak untuk Anda unggah di media sosial.

Hasil kamera utamanya ini memang cukup menarik karena hadir di harga Rp 1 jutaan. Kecerahan dan ketajamannya sangat bisa ditoleransi, dengan catatan dalam kondisi cahaya yang bagus atau terang.

Anda juga tidak akan kecewa saat hasil fotonya Anda unggah ke media sosial. Meski sering terjadi kompresi pada foto, hal itu tidak akan berpengaruh banyak dan hasilnya tetap bagus. Namun, tidak jarang juga terjadi ketidakkonsistenan pada hasil fotonya, terutama pada kamera depan.

Anda mungkin harus memotret beberapa kali untuk mendapatkan hasil yang paling baik. Sedangkan untuk kualitas perekaman videonya tidak mengejutkan. Mengingat harganya yang hanya Rp 1 jutaan, wajar saja jika ada guncangan atau sulit mendapatkan video yang stabil.

Layar Luas 6,6 inci Panel IPS LCD, Refresh Rate 90 Hz, HD Plus, Fitur Dynamic Bar, Desain Punch Hole

itel P55 NFC hadir dengan layar cukup luas yaitu 6,6 inci menggunakan panel IPS LCD. Ukurannya ini sudah cukup pas sebagai HP terjangkau untuk aktivitas multimedia. Misalnya untuk menonton, scrolling, atau bahkan bermain game.

Beberapa aktivitas tersebut bahkan bisa dijalankan dengan nyaman berkat pergerakan layarnya yang cukup mulus. Terdapat refresh rate 90 Hz yang biasanya dijumpai di HP dengan harga Rp 2 jutaan ke atas. Menariknya lagi, Anda juga bisa memilih auto-switch sehingga refresh rate akan berubah otomatis dari 90 Hz ke 60 Hz atau sebaliknya.

Resolusi yang bisa diraihnya ini hanya HD Plus saja atau 720 x 1612 piksel. Ketajamannya ini masih menjadi hal yang harus dimaklumi. Setidaknya pergerakannya ini tidak kaku-kaku amat saat digunakan.

Untuk menutupi kekurangannya tersebut, itel menyematkan fitur yang cukup menarik yaitu Dynamic Bar. Fitur ini memiliki fungsi yang mirip dengan Dynamic Island milik iPhone 14 Pro Series ke atas. Fitur ini juga terbilang baru untuk itel karena diperkenalkan pertama kali oleh itel A70 yang rilis pada November 2023.

Namun, berbeda dengan itel A70 yang masih menggunakan desain water drop pada layarnya. itel P55 NFC hadir dengan desain punch hole yang lebih kekinian. Tampilan Dynamic Bar saat aktif jadi lebih enak dilihat. Misalnya pada saat mengisi baterai, menerima panggilan, dan notifikasi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: