KKG PAI Wiradrsa Selenggarakan Praktik Baik Penyusunan Rubrik Observasi Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

KKG PAI Wiradrsa Selenggarakan Praktik Baik Penyusunan Rubrik Observasi Kinerja Guru dan Kepala Sekolah

--

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Komunitas Belajar Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Wiradesa Kab. Pekalongan selenggarakan Praktik Baik Penyusunan Rubrik Observasi Kinerja Guru dan Kepala Sekolah yang bertempat di SD Negeri 01 Gumawang Wiradesa, dengan menghadirkan narasumber dari Pengawas Pendidikan Agama Islam Kankemenag Kab. Pekalongan, Sri Larasati dan diikuti oleh 33 orang guru dan Kepala sekolah.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka pengelolaan kinerja guru dan kepala sekolah melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Pelaksanaan kinerja merupakan tahap kedua setelah perencanaan kinerja yang sudah disetujui. Pada tahap ini, Kepala sekolah akan melakukan pelaksanaan, pemantauan, dan pembinaan kinerja guru melalui observasi kinerja.

Sri Larasati pada kesempatan tersebut menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan kinerja guru memiliki empat proses tahapan dalam melakukan observasi dari tanggal 1 Februari sampai dengan 30 Mei 2024. Empat proses tahapan tersebut adalah diskusi persiapan, observasi kelas, diskusi tindak lanjut, dan refleksi tindak lanjut.

Menurutnya, Guru juga akan diminta untuk melampirkan atau mengunggah bukti dukung pengembangan kompetensi dan bukti dukung tugas tambahan di pelaksanaan kinerja. Sedangkan untuk pelaksanaan kinerja kepala sekolah baru akan dimulai pada Maret 2024.

Lebih lanjut Ia menerangkan bahwa dalam rangka memberikan pedoman pada semua tahapan observasi kinerja, diperlukan adanya rubrik observasi.

"Jika kepala sekolah berhalangan dalam observasi kinerja guru maka dapat ditugaskan kepada wakil kepala sekolah atau guru yang kompetensinya lebih senior untuk melakukan observasi secara secara objektif," terangnya

Rubrik observasi kinerja inilah yang ditunggu oleh para peserta dan ketika Laras memberikan contoh rubrik diskusi persiapan, rubrik observasi kelas, rubrik diskusi tindak lanjut, dan rubrik refleksi tindak lanjut, disambut dengan penuh antusias peserta dengan berbagai pertanyaan berkaitan dengan cara pengisiannya.

Laras berharap dengan adanya pengelolaan kinerja melalui PMM ini seluruh anggota Komunitas Belajar KKG PAI Kec. Wiradesa dapat meningkatkan kinerjanya sehingga akan membawa perubahan yang lebih baik dalam proses pembelajaran di kelas.

“Ikuti terus berbagai informasi terbaru, tingkatkan skill teknologi yang serba digital, supaya dapat melaksanakan pembelajaran selaras dengan abad 21," pungkasnya.

Di akhir kegiatan, Ali Ikrom selaku Ketua KKG PAI Kecamatan Wiradesa mengatakan bahwa materi yang disampaikan dalam praktik baik ini sangat bermanfaat karena sesuai dengan kebutuhan guru dan kepala sekolah yang pada bulan Februari ini berada dalam tahap pelaksaaan kinerja.

Sementara itu Jazirotul Hikmah, selaku wakil ketua berharap dalam kegiatan praktik baik selanjutnya, tetap diisi dengan materi-materi yang berkaitan dengan pengelolaan kinerja melalui PMM, karena menurutnya kebanyakan guru dan kepala sekolah masih bingung, bagaimana mengerjakan tahapan-tahapannya dan bukti dukung apa saja yang harus dipersiapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: