Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Cara mendidik anak secara beradab dan Islami, parenting dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

BACA JUGA:Ustaz Adi Hidayat: Berdoalah dengan Metode Asmaul Husna, Caranya Mudah dan Hajat Cepat Terkabul

BACA JUGA:Lakukan dengan Benar 5 Adab Berdoa Ini, Ustaz Adi Hidayat: Tidak Ada Hajat yang Tertolak

Mohonlah juga untuk dijauhkan adari sikap kasar dan berhati keras, khususnya dalam urusan mendidik anak dan menjadi peran orang tua.

2. Maafkan dan Mohonkan Ampun untuk Anak

Seringkali selama mendidik anak ada sikap anak yang memang menguji kesabaran orang tua. Namun anak tetaplah seorang anak yang butuh kasih sayang dan bimbingan orang tua.

Maka jadilah orang tua yang ikhlas, yang berlapang dada dengan memaafkan kesalahan anak. Dan bahkan Allah memerintahkan orang tua bersikap welas asih dengan memohonkan ampun untuk anak-anaknya.

3. Bermusyawarah yang Baik

Saat hati sudah tertata dengan bertawal kepada Allah, dan lebih lapang dengan selalu ikhlas memafkan anak, maka lakukanlah musyawarah yang baik dengan anak.

Ajak anak untuk bermusyawarah, berdiskusi dengan santun, dengan lembut. Dan dr Aisah juga mengingatkan penting untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing anak dalam setiap sesi diskusi

Perhatikan bahwa cara berdiskusi yang baik untuk anak laki-laki dan anak perempuan tentu berbeda. Faktor lainnya yang juga mungkin memengaruhi cara diskusi seperti watak, karakter, dan usia anak.

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Menanamkan Pola Asuh yang Baik untuk Anak, Jangan sampai Keliru!

BACA JUGA:Cara Berucap yang Baik pada Anak, Begini Tips Parenting menurut dr Aisah Dahlan

Orang tua perlu paham hal-hal dasar tentang anaknya agar dapat menciptakan suasana musyawarah yang nyaman bagi semua pihak.

4. Bertawakal

Saat sudah tercapai mufakat dalam bermusyawarah dan sudah ada sebuah keputusan, kesepakatan bersama yang kemudian harus dilakukan lagi adalah melibatkan Allah dengan bertawakal kepada-Nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: