Ide Masakan! Cobain Yuk Resep Sayur Lodeh Labu Siam Kuah Santan, Praktis Ala Rumahan yang Tidak Membosankan

Ide Masakan! Cobain Yuk Resep Sayur Lodeh Labu Siam Kuah Santan, Praktis Ala Rumahan yang Tidak Membosankan

Ide Masakan! Cobain Yuk Resep Sayur Lodeh Labu Siam Kuah Santan, Praktis Ala Rumahan yang Tidak Membosankan-Youtube.com/Ika Mardatillah-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ide masakan! Cobain yuk resep sayur lodeh labu siam kuah santan, praktis ala rumahan yang tidak membosankan. Penasaran gimana cara buatnya? So, langsung saja kita bahas!

Sayur lodeh cukup terkenal dalam hiangan rumah makan. Sayur satu ini dilengkapi dengan berbagai jenis sayur dan disajikan berkuah. 

Sayur lodeh memiliki variasi bahan dan bumbu yang bergam dan pastinya setiap resep memiliki rasa yang unik dan lezat. Bahan yang sering dipakai seperti terong, labu siam, nangka muda, kacang panjang dan sebagainya.

Sayur ini memiliki rasa gurih yang berasal dari santan dan aromanya mengunggah selera.Umumnya sayur lodeh mudah dijumpai di Pulau Jawa. Lodeh labu siam merupakan salah satu variasi di antara banyaknya pilihan olahan lodeh. 

BACA JUGA:Ide Menu Makan Malam: 3 Resep Sayur Lodeh Ala Rumahan yang Simpel dan Nagih

Beberapa sebutan labu siam berbeda di berbagai daerah, mulai dari jipang, jipan, hingga welok. Dengan mengonsumsi sayur labu siam, kamu dapat memperoleh banyak manfaat untuk tubuh seperti memperkuat imun tubuh, menurunkan kolesterol, sampai dengan menjaga kesehatan kandungan ibu hamil. 

Labu siam seringkali digunakan sebagai bahan utama lodeh kampung. Masakan berkuah ini umumnya disajikan dengan lontong sayur. 

Sayur lodeh labu siam adalah masakan sederhana rumahan yang tidak kalah enak dengan menu-menu di warung makan. Menu legendaris ini banyak ditemui ketika hajatan kampung-kampung, sehingga ketika menyantapnya menjadi kangen kumpul dengan keluarga. 

Apabila kamu belum ada ide menu makan siang, cobalah buat lodeh labu siam dengan pelengkap tahu dan kacang merah. Tapi jika tidak punya, kamu dapat menggantinya dengan stok sayuran lain yang ada di rumah seperti kacang panjang, tempe, nangka muda, atau telur puyuh.

BACA JUGA:Olahan Singkong: Resep Kroket Singkong Isi Ayam dan Sayuran, Camilan Enak yang Banyak Disukai Karena Gurihnya

Sayur lodeh labu siam ini sangat cocok disantap dengan sepiring nasi panas, nasi uduk, lontong maupun ketupat. Selain itu, cocok juga disajikan dengan berbagai variasi lauk pedas seperti oseng cumi mercon, ikan asin balado, atau ayam chili padi.

Tak hanya  lezat, sayur lodeh juga kaya akan kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Sayur lodeh ini terbuat dari labu siam yang dilengkapi dengan santan.

Labu siam mengandung berbagai macam nutrisi seperti kalori, lemak, natrium, karbohidrat, serat, gula, protein, folat dan vitamin C yang baik untuk meningkatkan kesehatan jantung, mengontrol gula darah, baik untuk ibu hamil, mengandung antioksidan, membantu menekan risiko kanker, memperlambat tanda-tanda penuaan, menjaga fungsi hati, menurunkan berat badan. 

Sedangkan, santan juga kaya berbagai nutrisi berupa kalori, mangan, megnesium, lemak, tembaga, zat besi, protein, potasium, karbohidrat, folat, serat, vitamin c dan selenium yang baik untuk meningkatkan kolesterol baik, mencegah kerusakan sel, meningkatkan fungsi kognitif, menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi penyakit lambung, meningkatkan energi, mencegah infeksi virus dan bakteri, meningkatkan kelembapan kulit, dan mencegah anemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.briliofood.net/resep/8-resep-lodeh-labu-siam-praktis-ala-masakan-rumahan-210201n.html